*uhuk2* Mustahil *uhuk* Kristen Bisa Menjawab? *uhuk*

Juli 2010, umat Kristen di Indonesia dikejutkan dengan satu buku yang ditulis oleh seorang mualaf bernama H. Insan Mokoginta, yang berjudul, “Mustahil Kristen Bisa Menjawab”. Buku ini (yang mungkin mau menyaingi buku “Combat Kit” yang ditulis oleh Ahmad Deedat) memuat 11 pertanyaan yang diklaim oleh Mokoginta, tidak akan bisa dijawab oleh orang Kristen manapun. 10 pertanyaan pertama masing-masing bernilai 10 juta berarti total 100 juta rupiah, dan pertanyaan terakhir berhadiah mobil BMW.

Saya terdorong untuk menulis artikel ini, karena memang judulnya “very compelling” untuk dilawan, dan tentunya supaya iman kawan-kawan saya tidak goyah oleh karena buku yang *uhuk2* mustahil *uhuk* ini. Dan memang itulah motivasi saya membuat website BibEL AppEL ini, supaya menjadi sumber bacaan untuk lebih mengenal Alkitab yang kita punya melalui pengajaran-pengajaran, dan apologetika, dan supaya mendekatkan kita kepada Juruselamat kita, Yesus Kristus, melalui artikel-artikel motivational, sermons, dan inspirational.

Kesebelas pertanyaan-pertanyaan di bawah sebenarnya mudah untuk dijawab. Saya pernah melihat pertanyaan-pertanyaan yang lebih sulit lagi, dan itu pun sudah terjawab. Apa mungkin orang sudah ketakutan dulu ya liat kata “mustahil”? Saya yakin banyak ahli Alkitab dan pendeta di tanah air pasti bisa menjawabnya. Anak SMA sama sarjana teknik aja bisa ngejawab kok.

Kesebelas pertanyaan yang akan saya jabarkan, hanya akan saya jabarkan pertanyaan-pertanyaan pokoknya, walau saya menjawab dari keseluruhan, karena ini copyrighted material. Silahkan cari sendiri softcopynya, banyak koq.

OK mari kita mulai. Sebagai pengingat, 10 pertanyaan pertama masing-masing bernilai 10 juta berarti total 100 juta rupiah, dan pertanyaan terakhir berhadiah mobil BMW.

Pertanyaan Pertama: Mana pengakuan Yesus di dalam Alkitab bahwa dia beragama Kristen?

Kristen bukan agama, Kristen adalah sebutan untuk pengikut Kristus or literally Kristus Kecil. maka dari itu, tidak mungkin Yesus Kristus adalah seorang pengikut Kristus a.k.a. Kristen.
Nasrani adalah sebutan untuk umat Kristen keturunan Ibrani yang ada di Yerusalem, dipimpin oleh adik Yesus dari Maria binti Eli, yaitu Yakobus, penulis surat Yakobus.

Pertanyaan Kedua: Mana ajaran Yesus ketika berumur 13 sampai 29 tahun?

Alkitab bukan riwayat hidup Yesus, tetapi catatan pekerjaan-pekerjaan Allah, ajaran-ajaran Allah, singkatnya, “surat cinta” Allah kepada manusia. Jika Allah tidak menyuruh manusia untuk menuliskan catatan hidup Yesus pada waktu Ia berumur 12-30 tahun berarti memang tidak penting untuk kita baca. Apakah ada satu ayat saja ayat yang tidak penting dalam Alkitab, misalnya buatlah gelas dari kaca?

Tetapi hanya untuk bacaan saja, Yesus tentu harus mengenyam pendidikan dahulu seperti anak-anak Yahudi lainnya. Pada umur 12 tahun adalah saat yang penting bagi anak-anak Yahudi untuk melakukan rite of passage atau upacara kedewasaan, yaitu upacara bar mitzvah (anak hukum), yaitu bahwa ia telah menghafal kelima kitab Taurat, dan harus melafalkannya pula. Sebelum mengajar di depan umum, pada umur 20 Yesus harus terlebih dahulu masuk skolah khusus Yahudi, Bet Midrash. Sebelumnya, mereka (Yesus dan anak-anak yahudi lainnya) mengenyam pendidikan umur 5 Tahun di Miqra (membaca Taurat), Mishna mulai 10 tahun, Talmud mulai 13 tahun. Setelah mereka selesai belajar di Bet Midrash, umur 30 baru boleh mengajar di depan umum. Yohanes 2:1-11 mengindikasikan Yesus belum pernah melakukan mukjizat d tengah-tengah khalayak umum

Pertanyaan Ketiga: Pernahkah Yesus Mengatakan: “Akulah Allah Tuhanmu, maka sembahlah Aku saja”

Yesus bukan iblis yang haus disembah (Matius 4:8-9). Cuma ada satu oknum yang ada di dalam Alkitab yang mengatakan dengan gila hormat, “sembahlah aku saja”, yaitu cuma IBLIS. Bedakan dengan Tuhan yang mengatakan, “Hanya TUHAN yang layak disembah”. Karena memang Ia layak untuk disembah. Toh Yesus tidak perlu meminta untuk disembah, banyak sekali yang menyembah Yesus, walaupun dalam wujud Yesus sebagai manusia. perlu contoh ayat? gak perlu kali yah, udah banyak. Karena Yesus memang Tuhan, dan hanya Tuhan yang layak menerima pujian dan sembah.

Pertanyaan Keempat: Pernahkah Yesus Mengatakan: “Akulah yang mewahyukan Alkitab, Aku pula yang menjaganya”

Well, Yesus sendiri Firman Tuhan, dan yang mewahyukan Firman Tuhan itu Roh Kudus. jadi salah besar kalo mau bilang Yesus yang mengilhamkan Firman Tuhan.

Konsep pengilhaman Alkitab lagipula berbeda dengan kitab-kitab suci lain seperti Al-Quran. Apalagi karena memang rentang waktu penulisannya hampir 2000 tahun. Alkitab diwahyukan bukan didikte kata demi kata oleh Tuhan. Maka dari itu, banyak pemakaian kata kira-kira (menunjukkan bahwa penulis diberi ilham berbentuk pengelihatan untuk menulis). Juga sebagian adalah hasil research/pendataan seperti kitab Tawarikh dan Injil Lukas. Dan sebagian lagi adalah hasil mereka menulis sendiri. Tetapi tetap, semua yang dimaksudkan Tuhan untuk disatukan menjadi Alkitab, semua dibimbing oleh Roh Kudus yang ditaruh oleh Tuhan dalam hati mereka (Yesaya 63:11), dalam hasil pendataan mereka, dan tulisan-tulisan mereka (I Petrus 1:20-21).

Dan juga karena banyaknya penulis, diksi, struktur pola kalimat, gaya bahasa, tentu berbeda-beda. Contohnya Paulus yang seorang intelek dengan gaya menulis diatribenya (seolah-olah berdebat dengan diri sendiri, contoh Roma 3:1-8), Petrus yang mantan pelayan dengan diksi yang tidak rumit dan cenderung kasar.

Mari kita berpikir. Tuhan Yesus dalam Kitab-Kitab Injil banyak sekali mengajar menggunakan perumpamaan-perumpamaan sederhana, untuk menjelaskan hal-hal kerajaan Allah. Tidak mungkin manusia dapat membuat sendiri, kecuali mereka diberi ilham oleh satu-satunya yang paling mengerti, dan ini sekaligus membuktikan bahwa Yesus adalah Tuhan karena Ia paling mengerti hal-hal kerajaan Allah.

Dan lagipula, seluruh isi Alkitabpun masih belum bisa memberikan seluruh kebenarannya jika hanya dibaca, tetapi hanya melalui Roh Kudus, maka kebenaran lebih dapat terbuka. Baca Yohanes 8:43, 16:13.

Melalui keterbatasan manusia Tuhan menyatakan kemuliaannya (II Korintus 12:9). Maka dari itu, menurut II Timotius 3:16, seluruh isi Alkitab yang diwahyukan Tuhan, semua itu dapat kita gunakan untuk mengajar dan mendidik, dan tentunya harus dalam tuntunan.

OK Alkitab asli Firman Tuhan, tetapi apakah terjaga sepanjang masa? Mengapa banyak sekali pertentangan tekstual terutama pada Perjanjian Lama? Well, tidak semua kitab diberi cap “copyright” oleh Tuhan seperti kitab Taurat (Matius 5:18-19) dan kitab Wahyu (Wahyu 22:18-19, hm ayatnya koq sama ya). Jaman dulu belom ada scanner dan printer, jadi yah bisa saja banyak kesalahan terjadi dalam penulisan ulang. Tetapi bukti-bukti lain dapat ditemukan bahwa kesalahan-kesalahan tersebut adalah murni keterbatasan manusia, kami jujur mengakuinya, dan tidak ada masalah dengan hal itu.

OK itu mungkin salah tulis salah eja dlsb. Bagaimana dengan isinya yang diubah? Baca Mazmur 31:19 (kebanyakan Inggris ayat 18, karena ayat 1 gak masuk ayat2), Amsal 10:31, Lukas 1:20, Lukas 11:14, Wahyu 16:13; mereka adalah orang-orang yang dipakai setan untuk menyesatkan umat percaya dan Allah akan menaruh “katak” dalam kerongkongan mereka, membuat mereka kehilangan kekuatan untuk berbicara! Banyak sekali pengedit-pengedit Alkitab yang mati bisu: Brooke Wescott pembuat naskah Yunani Perjanjian Baru Wescott-Hort yang populer, Samuel Tregelles pembuat naskah Yunani lainnya, Kenneth Taylor perumus Living Bible, Philip Schaff perumus NASB, J.B. Philips, Dr. Don Wilkins penerjemah NASV (gak sampe mati sih yang satu ini). Cukup serem?

Pertanyaan Kelima: Mana perintah Yesus atau Tuhan untuk beribadah pada hari Minggu?

Bukan pertanyaan yang benar-benar serius ketika kita mengetahui apa arti sebenarnya dari kata “SABAT”. Alkitab bilang untuk beribadah pada hari sabat. hari sabat itu apa? hari ke 7 setelah 6 hari bekerja (keluaran 20:8-11). kalo menurut orang Yahudi hari sabat itu hari jumat setelah matahari terbenam sampai hari sabtu sebelum matahari terbenam. kalo menurut kalender modern, hari sabat itu hari minggu. tidak menutup kemungkinan ada suku2 etnis lain yang hari sabatnya misalnya hari kamis.

Pertanyaan Keenam: Mana dalilnya dalam Alkitab Yesus 100% Tuhan & 100% manusia?

Jika anda berkata Yohanes 1:1 dan ayat 14 tidak masuk akal, well, apakah Muhammad membelah bulan juga masuk akal? tidak juga. Jangan memaksa agar Tuhan itu sesuai dengan akal anda, kebalik namanya. Ada berberapa atheis dan rekan dari agama lainnya yang mengerti tentang konsep keesaan Allah (atau Doktrin Trinitas, saya kerap kali menghindari menggunakan kata Trinitas dalam tulisan-tulisan saya karena tidak alkitabiah, lebih alkitabiah “ESA”, hemat byte lagi), tetapi apa yang menghambat mereka untuk percaya, ya itu, ga masuk akal, ga mungkin bisa terjadi.

Frasa populer 100% Tuhan 100% Manusia maksudnya bahwa Roh yang ada di dalamnya itu 100% Tuhan karena memang lahir dari Roh Tuhan, tetapi tubuhnya, 100% tubuh manusia, organ-organ tubuh Yesus tidak ada yang sempurna, spesial, khusus.

Tetapi karena dituntut dalil dalam pertanyaan ini, berarti kita harus membuktikan dari Alkitab bahwa Yesus adalah Tuhan tetapi sekaligus manusia biasa. Yesus sebagai manusia biasa gampang yah? Ga usah ditunjukkin ayat-ayatnya lah, Yesus bisa berpeluh darah, Yesus bisa kesakitan, Yesus bisa mati.

Yang menjadi masalah adalah menunjukkan kepada rekan-rekan muslim kita bahwa Yesus adalah Tuhan. Kalimat yang paling jelas sebenarnya ada di surat-surat Paulus, akan tetapi sayangnya, mereka mengklaim bahwa Paulus adalah seorang guru palsu, memasukan pengajaran-pengajaran baru yang bertentangan dengan ajaran-ajaran Yesus dan Taurat. Walaupun sebenernya ga bertentangan dan bisa saya dibuktikan (tapi ga sekarang… lain kali aja yah?), tapi okelah kali saya mengalah saja. Mengalah untuk menang, biar sama-sama senang. Sepakat ya ga pake ayat-ayat surat Paulus?

Di bawah ini adalah secuplik ayat yang ditulis oleh Yakobus, anak dari Yusuf dan Maria bunda Yesus, pengasuh/bapa rohani umat Nasrani (orang-orang Kristen keturunan Ibrani) di Yerusalem.

Yakobus 1:1 Salam dari Yakobus, hamba Allah dan Tuhan Yesus Kristus, kepada kedua belas suku di perantauan.

dan ayat-ayat lainnya:

I Petrus 11:3
Terpujilah Allah dan Bapa Tuhan kita Yesus Kristus, yang karena rahmat-Nya yang besar telah melahirkan kita kembali oleh kebangkitan Yesus Kristus dari antara orang mati, kepada suatu hidup yang penuh pengharapan

II Petrus 1:2
Kasih karunia dan damai sejahtera melimpahi kamu oleh pengenalan akan Allah dan akan Yesus, Tuhan kita

II Petrus 3:18
Tetapi bertumbuhlah dalam kasih karunia dan dalam pengenalan akan Tuhan dan Juruselamat kita, Yesus Kristus. Bagi-Nya kemuliaan, sekarang dan sampai selama-lamanya.

Wahyu 1:7-8
Lihatlah, Ia datang dengan awan-awan dan setiap mata akan melihat Dia, juga mereka yang telah menikam Dia. Dan semua bangsa di bumi akan meratapi Dia. Ya, amin. “Aku adalah Alfa dan Omega, firman Tuhan Allah, yang ada dan yang sudah ada dan yang akan datang, Yang Mahakuasa.”

dan ayat-ayat lainnya seperti Yohanes 1:1,14, Wahyu 22:12-21. Jika ada yang bertanya, mereka kan saling kenal. Bagaimana dengan ayat ini:

Yesaya 9:5-6
Sebab seorang anak telah lahir untuk kita, seorang putera telah diberikan untuk kita; lambang pemerintahan ada di atas bahunya, dan namanya disebutkan orang: Penasihat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal, Raja Damai. Besar kekuasaannya, dan damai sejahtera tidak akan berkesudahan di atas takhta Daud dan di dalam kerajaannya, karena ia mendasarkan dan mengokohkannya dengan keadilan dan kebenaran dari sekarang sampai selama-lamanya. Kecemburuan TUHAN semesta alam akan melakukan hal ini.

Ayat di atas adalah nubuatan akan lahirnya Mesias. Kalau Yesus bukan Tuhan, tidak ada gelar “Allah yang Perkasa”, “Bapa yang Kekal”, dan “Raja Damai” di sana. Kata “selama-lamanya” juga tidak akan ada di sana.

Mokoginta juga mempersoalkan doktrin Trinitas, OK ini analogi yang sering saya pakai.

Tubuh manusia menurut ilmu biologi dasar dikelompokkan menjadi 3, yaitu, kepala, badan, dan anggota tubuh (kaki tangan).

Kepala yang isinya otak segala macam, berfungsi untuk mengasih signal ke segala macam syaraf yang ada pada tubuh untuk menggerakkan otot-otot tubuh kita. Kalau tidak ada kepala, berarti tidak ada otak yang memberi perintah, matilah kita.

Badan isinya jantung dan paru-paru dan diafragma, ginjal, lambung hati usus, dlsb. Jantung dan paru-paru bahu-membahu untuk menransfer darah yang mengandung oksigen keseluruh tubuh termasuk otak supaya dapat bekerja. Jika tidak ada badan, tidak ada jantung dan paru-paru, mati kita.

Anggota tubuh, kaki dan tangan adalah alat kita melakukan pekerjaan kita sehari-hari. Jika kita tidak punya kaki dan tangan, kita tidak dapat hidup, dan perlahan-lahan mati. Secacat-cacatnya orang, tidak ada satu pun yang Tuhan berikan tidak ada tangan dan kaki. Nick Vujicic adalah contoh yang sudah paling minimal, yaitu tidak punya kaki dan tangan, tetapi hanya mempunyai bakal “kaki”. Silahkan lihat videonya di Youtube.

Kepala membutuhkan badan, itu pasti. Begitu pula sebaliknya.Badan membutuhkan tangan, itu pasti. Begitu pula sebaliknya.Tangan membutuhkan kepala, itu pasti. Begitu pula sebaliknya.

Allah Bapa (Kepala/Otak) adalah yang merencanakan segalanya, yang memikirkan segalanya.

Yesus (Badan) dikontrol oleh Allah Bapa (Otak). Badan dan tangan tidak tahu apa yang akan selanjutnya akan dia kerjakan jika tidak ada sinyal/perintah dari otak. Maka Yesus tidak tahu juga kapan dia harus turun ke bumi untuk kedua kalinya.

Roh Kudus (Kaki dan Tangan) adalah yang berkerja (tangan berbicara tentang pekerjaan, kaki berbicara tentang pelayanan) untuk menghibur, menguatkan, mengingatkan, dan masih banyak lagi.

Ketiga pribadi ini saling melengkapi, dengan fungsi yang berbeda, mereka adalah satu kesatuan. Dari sini, Tuhan memberi teladan kepada manusia terutama gereja-Nya untuk hidup dalam satu kesatuan dan saling melengkapi, menutupi kekurangan orang lain dengan kelebihan kita supaya menjadi kesatuan yang utuh dalam satu tubuh Kristus, dan satu tubuh yang utuh yang baiktidak mungkin terjadi pertentangan, tidak mungkin otak mau tangan untuk mendorong, tangan malah menarik.

Bapa, Anak, dan Roh Kudus ini mempunyai satu nama, yaitu Tuhan Yesus Kristus, nama mereka tidak sendiri-sendiri.

Matthew 28:19
KJV: Go ye therefore, and teach all nations, baptizing them in the name of the Father, and of the Son, and of the Holy Ghost:
TR: πορευθέντες μαθητεύσατε πάντα τὰ ἔθνη, βαπτίζοντες αὐτοὺς εἰς τὸ ὄνομα τοῦ πατρὸς καὶ τοῦ υἱοῦ καὶ τοῦ ἁγίου πνεύματος

Mokoginta juga menyebutkan Jesus Seminar, yang itu lain waktu saja bahasnya.

Pertanyaan Ketujuh: Mana dalilnya asal percaya kepada Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat dijamin “pasti masuk surga”?

Roma 10:9 Sebab jika kamu mengaku dengan mulutmu, bahwa Yesus adalah Tuhan, dan percaya dalam hatimu, bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati, maka kamu akan diselamatkan.

Catatan: Sebenarnya dalam terjemahan King James Version, hanya dikatakan Lord Jesus, berarti syaratnya cuma menerima Yesus sebagai Juruselamat, urusan Yesus sebagai Tuhan adalah hubungan pribadi kita dengan Yesus. Kata “Jesus is Lord” tidak ditemukan baik dalam naskah Textus Receptus maupun Wescott-Hort.

Dalam Lukas 23:42-43 Yesus tidak sekedar berkata mudah2an kamu masuk sorga, tetapi pasti. Baca Yohanes 3:16, Yesus menjelaskan tentang tujuan-Nya datang ke Bumi. Yohanes 11:25-27 dan Yohanes 14:6-7 menulis satu-satunya manusia di muka bumi yang berani mengatakan bahwa “Akulah Jalan Kebenaran dan Hidup dan tidak seorangpun dapat pergi kepada Bapa kalau tidak melalui Aku”. Dialah Tuhan Yesus. Ketika kita melihat/mengenal Yesus, kita melihat/mengenal Allah, karena Yesus adalah gambar dari Allah yang tidak kelihatan (the image of the invisible God – Kolose 1:15). Maka dari itu, hanya melalui Yesuslah kita dapat pergi ke Surga, dan hanya Yesus yang mempunyai otoritas untuk memberi “tiket masuk” ke surga.

Jaminannya adalah ketika kita percaya bahwa dosa-dosa kita sudah ditebus oleh karena darah yang tertumpah di atas kayu salib, dengan kata lain, menerima pengorbanan Yesus, menerima Yesus sebagai Juruselamat kita, maka kita akan selamat (Roma 10:9). Jadi, kita masuk PASTI surga, bukan sekedar Insya Allah, mudah-mudahan masuk Surga. Kita memakai kata Insya Allah sehari-hari untuk segala perbuatan kita supaya direstui Allah, tetapi kita telah diselamatkan bukan oleh perbuatan-perbuatan kita tetapi oleh karena pekerjaan Allah, jadi bukan sekedar Insya Allah, tetapi PASTI, YA, dan AMIN!

Jadi, hanya satu kitab di dunia yang menyatakan bahwa seseorang diselamatkan dan dapat masuk surga bukan karena pekerjaan tetapi karena kasih kemurahan. Dan hanya ada satu kitab di dunia yang berani menjamin keselamatan umat manusia di seluruh dunia adalah melalui Yesus Kristus oleh karena Kasih-Nya dan pekerjaannya di atas kayu salib. Dan ketika orang lain ditanya mengenai akhir hidupnya, sebagian orang menjawab, ah saya banyak dosa saya masuk neraka, sebagian lagi menjawab, mudah2an saya masuk surga ya, hanya orang-orang Kristen yang dapat dengan yakin menjawab, pasti masuk Surga oleh karena Yesus! Haleluya!

Soal ayat yang dipersoalkan oleh Mokoginta:
“Bukan setiap orang yang berseru kepada­ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melaku­kan kehendak Bapa-Ku yang di sorga. ” (Mat 7:21)

Ayat ini diartikan secara picik bahwa menyebut Yesus Tuhan tidak akan masuk kerajaan sorga. Padahal maksud sebenarnya, tidak semua orang yang mengikut Yesus, yang katanya percaya Tuhan, religius banget keliatannya, melakukan tanda-tanda mukjizat, akan masuk surga. Tetapi hanya yang melakukan kehendak Bapa di surga. Jadi bukan urusan Yesus bukan Tuhan.

Sebenarnya perlu tidak sih sebenarnya saya menjelaskan hal ini? Sepertinya Mokoginta harus kursus bahasa Indonesia terlebih dahulu.

Soal hukum haram halal, setiap hukum dalam Alkitab mempunyal alasannya. Seperti tidak boleh “membuat anak” dengan kerabat dekat, itu karena menurut ilmu genetika, potensi akan lahir anak cacat lebih besar. Padahal, jaman anak-anaknya Adam dan Hawa dapet istri dari mana lagi kalau bukan saudari2nya sendiri? Hukum Haram-Halal dirancang karena itu adalah daftar binatang-binatang yang meskipun enak tapi sebenarnya tidak sehat untuk dimakan.

Contoh paling mudah babi. babi menurut umat islam memakan kotoran dunia. Dalam daging babi terdapat banyak sekali sistiserkus (cysticercus) dari **Taenia solium**, cacing pita yang ganas, begitu dimakan manusia, sistiserkus berubah menjadi cacing dewasa yang bergelantungan di dalam maupun di luar usus manusia. Dan dapat terjadi auto-infeksi, manusia menginfeksi dirinya sendiri. Sisa-sisa telur yang dikeluarkan lewat anus, beraktivitas, menyebabkan gatal pada anus, pengennya digaruk, kena tangan, tangan kena mulut, masuk lagi deh lewat mulut berkembang dalam mulut lagi.

Soal Yesus sunat, sunat adalah tanda perjanjian antara Abraham dan seisi rumahnya dan keturunannya dengan Allah. Saya tidak termasuk keturunan Abraham (secara langsung). Bangsa Cina berasal dari keturunan Yafet, bukan keturunan Sem (itulah sebabnya orang-orang Ibrani, Arab, disebut Semitik). Itu sebabnya pula Paulus menyunatkan Timotius.

Soal Yesus dikafani, itu urusan tradisi. Gak tertulis tuh di Alkitab kata-kata seperti “Orang-orang mati haruslah dikafani” atau “orang-orang mati tidak boleh pake tuxedo”. Boleh gak saya nantang, kalo ada yang nemuin peraturan kayak gitu dalam Alkitab, gw kasih 10 jt?

UPDATE: Saya sedang menulis artikel tentang doktrin “Once Saved Always Saved/Perseverance of the Saints” dan “Predestination”. Doakan agar cepat selesai.

Pertanyaan Kedelapan: Mana foto asli wajah Yesus dan siapa pemotretnya?

Mengapa tidak ada orang yang diilhamkan bagaimana rupa Yesus? tentu supaya tidak ada yang memberhalakan rupa Yesus. semua cuma bisa membayangkan.

Pertanyaan Kesembilan: Mana dalilnya Yesus lahir pada tanggal 25 Desember dan perintah merayakannya?

Berberapa penelitian (termasuk yang pernah saya lakukan sendiri, nanti saya akan publish notes yang baru, kalau penasaran silahkan cari debat saya bersama seseorang, di notes saya tahun lalu) justru menunjukkan bahwa Yesus lahir bulan September. tanggal 25 Desember adalah hari perayaan kelahiran anak dewa matahari (helios) yang ditetapkan oleh raja Konstantin menjadi hari peringatan kelahiran Yesus Kristus. Tidak jelas mengapa, mungkin karena faktor “baru masuk Kristen” kali yah. Tetapi apakah 25 Desember tidak layak dirayakan? Sah2 saja toh. Seperti tahun baru imlek orang cina, kan sejarah asal usulnya kan mistik2 gitu kan, tapi toh makna yang tidak sesuai dng alkitab itu bukan yang dirayakan lagi. Perayaan kelahiran Yesus tidak wajib, tetapi peringatan akan kelahiran, kematian dan kebangkitan-Nya adalah wajib (2 Timotius 2:8).

Soal Pohon Cemara, itu toh cuma hiasan. Tuhan sendiri menyebut pohon cemara di Yesaya 41:19, dan pasal 60:13.

Pertanyaan Kesepuluh: : Buktikan siapa yang hapal Alkitab walau satu surat saja di luar kepala!

Ha, ini pertanyaan paling gampang. Banyak tuh orang Yahudi bahkan hafal 5 kitab taurat. kan sama isinya kan sama 5 kitab pertama di Alkitab? Berarti anda harus menyiapkan banyak sekali 10 juta untuk mereka semua di seluruh dunia. Anda tahu mengapa orang Yahudi dapat hafal kelima kitab taurat dan orang Islam dapat menghafal semua sura dalam Al-Quran? Karena mereka mengenal yang namanya aturan nada-nada (saya ga tau namanya), dinyanyikan jadi lebih mudah di hafal. Dalam Kekristenan tidak ada aturan seperti itu. Tidak ada kewajiban seperti itu dijabarkan dalam Alkitab. Apalagi Alkitab memang 2 kali lebih tebal daripada Al-Quran (kalo font-nya sama ukurannya).

Alkitab mempunyai 13 ribu lebih ayat, Alquran hanya 6666. Lebih lagi seluruh Alkitab tidak bisa dihafalkan dengan cara “melagukan” (tradisi Islam yang sebenarnya diambil dari tradisi Yahudi dalam “recitation”), apalagi dengan beragam bahasa. Jika anda mengatakan bahwa seharusnya hafalkan saja bahasa aslinya seperti umat Islam menghafal Alquran dalam bahasa Arab, masalahnya ialah Alkitab ditulis dalam bahasa Ibrani dan Yunani yang sudah tidak dipakai lagi sekarang, tidak seperti bahasa Arab yang dipakai dalam Alquran yang baru berumur 1300 tahun.

Mokoginta menyebut Al-Quran tebal juga, 500-700 halaman. Iya sih, tapi halaman yang dipake cuma 50%, dan font nya segede 24-32pt.

catatan: untuk pertanyaan ini sedikit berbeda. Mokoginta akan memberikan 10 juta bagi siapa saja umat Kristen yang hafal. Ya cari saja umat Kristen yang dahulu sudah pernah barmitzvah. Kan gak cuma di Israel. Pasti banyak. Bahkan ada juga anak Indonesia yang dapat menghafal kitab Zefanya. Ada juga berberapa orang yang hafal berberapa kitab, ada yang yang hafal seluruhnya (meskipun gak sampe kata-katanya tepat dan titik komanya pas), pasti ada.

Pertanyaan Kesebelas (Berhadiah mobil BMW): Kuiz lnjil Lukas Berhadiah 1 (satu) mobil sedan BMW

Ayat yang ditanyakan adalah Lukas 24:44-46 sbb:
44 Ia berkata kepada mereka: “Inilah perkataan-Ku, yang telah Kukatakan kepadamu ketika Aku masih bersama-sama dengan kamu, yakni bahwa harus digenapi semua yang ada tertulis tentang Aku dalam kitab Taurat Musa dan kitab nabi-nabi dan kitab Mazmur.”
45 Lalu Ia membuka pikiran mereka, sehingga mereka mengerti Kitab Suci.
46 Kata-Nya kepada rnereka: Ada tertulis demikian: “Mesias harus menderita dan bangkit dari antara orang mati pada hari ketiga”

Pada ayat ke 45 dari Lukas 24:45-46, tertulis “Lalu Ia membuka pikiran mereka, sehingga mereka mengerti Kitab Suci.” Kitab Suci diterjemahkan dari τας γραφας (tas graphas – tulisan-tulisan itu). Lalu pada ayat ke 46, “Ada Tertulis” diterjemahkan dari γεγραπται (gegreptai – ia sudah dituliskan). Dalam bahasa Inggris ditulis “THUS it is written”. Apa yang dikatakan oleh Yesus mengenai “Mesias harus menderita, mati dan bangkit pada hari yang ketiga” adalah rangkuman dari apa saja yang telah tertulis itu (tas graphas). Ayat-ayat yang tertulis termasuk Keluaran 19:11, Hosea 6:2, Yunus 1:17. Ayat tersebut adalah tipologi, hal-hal berhubungan dengan oknum, peristiwa, atau hal yang merujuk kepada mesias. Jadi bukan mutlak harus ada tertulis persis.

Lagipula, banyak sekali nubuatan-nubuatan yang belum digenapi, yang penggenapannya pada generasi kita, dan yang sudah digenapi dalam Alkitab, tapi kata-katanya lain, dan tidak persis sama, ada yang tersirat, ada yang terpisah ayatnya seperti kasus di atas. Karena memang jaman dahulu kan belum ada sistem pengayatan. Sistem pemasalan diperkenalkan oleh Archbishop Stephen Langston, pengayatan oleh berberapa orang seperti Rabbi Issac Nathan ben Kalonymus, Robert Estienne, William Whittingham, dan Geneva Bible.

Contoh-contoh ayat-ayat lain seperti kasus ayat di atas dapat dilihat pada link di bawah yang merujuk kepada link Pdt. Budi Asali.


Demikianlah sudah terjawab kesebelas pertanyaan dari H. Insan LS Mokoginta. Boleh bukan kalau saya mengklaim 100 juta saya dan mobil BMW saya, beserta berberapa puluh juta untuk orang-orang yang hafal Alkitab di DALAM kelapa eh kepala (kalo di luar artinya ga hafal dong). Tapi pasti ada aja lah disanggahnya, masalahnya kan 100 juta++ sama BMW man, mana mau dia terima kekalahan. Saya sudah hafal kebiasaan mereka, mau pake 100 juta or BMW ataupun tidak. Tapi tidak apalah.

Berberapa tahun lalu sebenarnya (sekitar tahun 2006), saya pernah tertarik dengan satu buku yang terlihat sangat sombong di Gramedia: “MUSTAHIL KRISTEN BISA MENJAWAB”, berhadiah 1 mobil BMW lagi. Tetapi karena ga tertarik (mungkin karena masih lugu, belom ngerti apa-apa ya, cuma doyan ngegratak Windows Registry), makanya saya tinggal.

Tetapi berberapa waktu lalu saya mulai tertarik lagi akan judul ini, ketika rekan saya Rudy Yohanes, memberitahukan undangan debat melawan H. Insan LS Mokoginta, penulis “Mustahil Kristen Bisa Menjawab”, saya mulai kembali tertarik. Saya mulai mencari soft copy dari buku tersebut, dan sekalian mencari jawabannya. Ternyata banyak sekali sebenarnya yang sudah menjawab kesebelas pertanyaan tersebut. Misalnya:
– http://bit.ly/ahIzkA -> oleh Bagus Pramana, SarapanPagi.org
– http://bit.ly/i72BoD -> sebuah PDF yang tadinya bahan debat Pdt. Budi Asali, seorang ahli apologetika untuk berdebat melawan Bp. Mokoginta, khusus pertanyaan yang berhadiah BMW saja tetapi ternyata sangat dicurangi oleh pihak Mokoginta cs. Berikut adalah cuplikan dari PDF Pdt. Budi Asali:

Sebagai kata-kata terakhir dari tulisan / jawaban saya tentang pertanyaan Bp Mokoginta ini, saya menambahkan beberapa hal sebagai berikut:
1. Dalam debat tentang pertanyaan ini, sangat saya sayangkan adanya hal-hal yang memalukan, yaitu:a. Waktu yang sengaja dipres, sehingga kami tak punya waktu banyak untuk menjelaskan, dan banyak dari tulisan saya di atas yang tidak sempat disampaikan. Mereka berjanji mulai pk 19.00, tetapi ternyata mereka datang pada pk 20.00, tanpa memberitahu kami. Itupun tidak langsung mulai, karena penonton terlalu banyak, ruangan tidak cukup, sehingga harus pindah ke masjid, dan acara baru mulai mendekati pk 21.00.

Setelah mulai, Bp Mokoginta lalu membahas 10 pertanyaan pertama dari bukunya, yang masing-masing berhadiah Rp 10 juta, dan sesudah itu pertanyaan ke 11 yang24berhadiah mobil BMW. Padahal jelas bahwa perdebatan ini bukan berkenaan dengan 10 pertanyaan pertama, tetapi HANYA dengan pertanyaan ke 11nya. Kelihatannya mereka memang mau menghabiskan waktu yang memang hanya sedikit itu. Di tengah-tengah perdebatan, moderator bertanya kepada saya: ‗Acara ini mau sampai pk berapa?‘. Saya jawab: ‗Terserah. Sampai pagi juga boleh‘. Tetapi ternyata Bp Mashud memutuskan untuk menghentikan acara debat pada pk 22.30.

b. Adanya kecurangan dari pihak panitia, yang membesarkan volume loud speaker pada waktu Bp Mashud dan Bp Mokoginta berbicara, tetapi sebaliknya, mengecilkan volume suara pada saat pihak Kristen (saya atau Esra) berbicara. Saya punya beberapa orang sebagai saksi tentang hal ini.

c. Adanya kecurangan dari moderator, yang jelas sudah diatur oleh pihak Bp Mashud dan Bp Mokoginta, yang selalu memberikan jauh lebih banyak kesempatan berbicara kepada pihak Islam, dan sangat kurang kesempatan bagi pihak Kristen untuk menanggapi.Tindakan-tindakan pengecut yang memalukan ini menunjukkan bahwa pihak Bp Mashud dan Bp Mokoginta takut suara kami didengar oleh penonton, karena akan membuktikan kesalahan kata-kata mereka. Jadi, mereka ‗terpaksa‘ membuat acara ini tidak fair.

Dalam faktanya, bagi saya, ini adalah debat dengan Islam yang paling tidak fair dari 6 x perdebatan yang pernah saya lakukan. Saya maklum, karena bagi Bp Mokoginta, ‗fair‘ / ‗adil‘ dalam acara ini identik dengan ‗kehilangan mobil BMW‘!!!d. Dalam sepanjang debat, bahkan sejak awal, Bp Mashud dan Bp Mokoginta berulang-ulang terlihat secara sengaja tak menjawab argumentasi / serangan kami, tetapi menyimpangkan pembicaraan pada hal yang lain. Sampai kami berulang-ulang menegur mereka tentang arah pembicaraan yang menyimpang itu, tetapi tetap tidak dihiraukan. Ini semua makin membuang waktu yang memang sudah sangat sedikit itu!e. Dalam debat itu Bp Mashud, mungkin karena jengkelnya dalam menghadapi kekalahan debat itu, tidak bisa menjawab secara rasionil lagi, sehingga lalu:

1. Mengatakan bahwa Budi Asali ‗tidak ada apa-apanya‘. Saya tak tersinggung oleh kata-kata itu, karena saya tahu siapa saya. Tetapi saya heran bagaimana seorang ustad bisa melakukan penghinaan seperti itu di depan umum. Apa nggak malu dengan jemaatnya sendiri? Atau sudah tak punya malu lagi? Disamping, kalau saya dalam 2 x perdebatan bisa menghancur-leburkan Bp Mashud dan Bp Mokoginta itu ternyata tidak ada apa-apanya, lalu apa kira-kira sebutan yang cocok untuk diri mereka sendiri?

2. Mengeluarkan kata-kata bahwa Alkitab itu ‗sampah‘. Bagaimana dosen / ustad bisa begitu tidak beradab dan tidak etis seperti itu, betul-betul tidak bisa saya mengerti, dan merupakan sesuatu yang seharusnya sangat memalukan dunia Islam sendiri. Saya sebetulnya bisa saja menjawab kata-kata biadab ini dengan kebiadaban yang sama, tetapi saya sebagai orang Kristen diajar untuk tidak meniru dunia (Ro 12:1-2), dan karena itu saya tidak meniru kebiadaban ini dan tetap berbicara secara beradab.
Mungkin Tuhan tidak mau Budi Asali untuk mendapatkan BMW tsb, tapi tetap menguak kebusukan Mokoginta cs. Jadi motivasinya murni bukan untuk mendapatkan 100 juta atau BMW, tetapi membuktikan bahwa Firman Allah yaitu Alkitab itu Ya dan Amin, Allah kita heran dan besar, Yesus namanya.

Jadi untuk Rudy Yohanes, ini adalah hadiah saya untuk keberanian anda menyusupkan 2 tantangan anda kepada semua hadirin. Serta memalukan Mokoginta secara tidak langsung, dan membuat kompor menyala dengan sendirinya tanpa anda nyalakan.

Note: saya juga mempunyai satu bahan apologetika, yaitu buku “Ternyata Yesus Muslim”. Banyak sekali isinya didasarkan kesalahpahaman terhadap Alkitab. Ditunggu yah, doakan cepat selesai semua pekerjaan saya.

Firman Allah yaitu Alkitab Ya dan Amin, Allah kita heran dan besar, Yesus namanya! Haleluya!
To God be all Glory!

Friday, November 26, 2010
Calvin Limuel

BibEL ApfEL
An AppEL a day keeps the devil away

UPDATE: found a video of the debate here: http://www.youtube.com/watch?v=W2dsOQyOgsY

46 thoughts on “*uhuk2* Mustahil *uhuk* Kristen Bisa Menjawab? *uhuk*”

  1. malu-maluin
    pake bawa-bawa nama yahudi sgl bs hafal Alkitab, jawaban nya ngaur ngeluh cuma bisa cari kambing hitam, spotif aja kl ng bs jawab bilang aja ng bs jawab.

  2. Jawaban seperti ini hanya layak dikonsumsi oleh orang kristen sendiri (membentengi mereka agar tidak masuk islam)….tapi apabila jawaban seperti ini dibawa kedalam debat terbuka dengan ustan insan mokoginta, anda akan jadi bahan tertawaan bahkan tidak menutup kemungkinan oleh kaum anda sendiri…..

  3. Makin yakin saya bahwa PERTANYAAN2 DI ATAS memang tidak mampu terjawab..

    Wajar jika jawaban2 malah membuat semakin bingung.
    Mungkin karena “sumber” anda yang masihh “buatan manusia”..yang belum jelas apakah yang terakhir benar2 sudah kitab asli atau masih ada perubahan lagi.

    Mengenai Teori “Kepala,kaki, dan bagian Tubuh lainnya” , sangat jelas anda belum memahami konsep “Tuhan”. Secara sederhananya Tuhan tidak membutuhkan apapun, bahkan tidak perlu kehilangan apapun. Sementara dalam konsep anda,,jika salah satu “anggota tubuh” yang hilang..maka kurang sempurnalah tubuhnya. Apakah Tuhan akan kehilangan kesempurnaan? dengan atau tanpa kehilangan itu sendiri? Tuhan tidak perlu apa2 untuk jadi sempurna ..Tuhan Maha Sempurna. Jika Tuhan masih membutuhkan sesuatu agar disebut Tuhan..silahkam pertanyakan kembali konsep ke-Tuhan-an anda 🙂

    1. Jika ada yang membuat anda bingung, silahkan tanyakan di sini, saya akan dengan senang hati menjawab.
      Dan itu bukan teori, tapi analogi. Analogi manusia bisa sangat bagus tetapi tidak sempurna, logika manusia yang terkungkung dalam manusia tidak bisa dengan sempurna mendeskripsikan Allah.

  4. Apakah anda seorang kristen sejati dan sangat mengimani alkitab??
    Kalau iya saya ada tantangan buat anda.

    1.apakah anda bisa membaca bahasa asli injil? Bukan bahasa terjemahan inggris atau indonesia. Karena bahasa terjemahan banyak mengandung unsur kesalahan dalam menerjemahkan.

    2.anda sebagai kristen sejati dan mengimani alkitab sebagai pedoman hidup anda, apakah ada berani menantang ayat dalam bible.

    Baca Markus 16 : 17 – 18
    “Tanda-tanda ini akan menyertai orang-orang yang percaya: mereka akan mengusir setan-setan demi nama-Ku, mereka akan berbicara dalam bahasa-bahasa yang baru bagi mereka,mereka akan memegang ular, dan sekalipun mereka minum racun maut, mereka tidak akan mendapat celaka; mereka akan meletakkan tangannya atas orang sakit, dan orang itu akan sembuh.”

    Beranikah anda saya tantang minum racun dan tidak akan terjadi apa” dengan anda. Kalau anda bener” 100% yakin dengan ajaran anda pasti anda berani. Tapi resiko apapun saya tidak bertanggung jawab tetapi saya menantang keimanan anda saat ini.

    1. Terima kasih untuk komentarnya. Banyak sekali yang bertanya seperti anda. Jawabannya, ya saya bisa membaca Alkitab dalam bahasa aslinya. Mungkin tidak sempurna, apalagi dalam hal pengucapan, terlebih lagi bahasa Ibrani/Aramaik. Tapi saya tidak bisa mengerti langsung, harus dengan bantuan kamus. Saya sedang dalam proses belajar, tetapi itu bukan fokus saya sekarang dan umat Kristen memang tidak diharuskan. Saya akui bahwa kadang ada berberapa terjemahan yang tidak akurat, tetapi tidak seperti dahulu, sekarang umat awam bisa mengecek dengan mudah, melalui program komputer atau macam-macam perangkat elektronik, dengan manuskrip dalam bahasa aslinya. Itu juga sebab kita punya banyak terjemahan sehingga kita bisa cross-check dengan berberapa terjemahan lain. Ini mempermudah orang yang tidak bisa belajar lebih dari satu bahasa. Dan dengan demikian, isi daripada Alkitab lebih universal, lebih terbuka, lebih mudah dimengerti untuk segala bangsa.

      Kedua, saya percaya semua yang dikatakan Alkitab, tetapi saya tidak berminat menantang atau mencobai Tuhan. Saya percaya semua janji-janji dalam Alkitab yang diperuntukkan untuk umatNya. Coba anda baca kembali mulai dari Markus 16:15-18. Ayat ini diperuntukkan kepada mereka yang mengabarkan injil, termasuk saya. Bahwa jika bahaya mencoba mencelakai kita ketika saya sedang berusaha mengabarkan Injil, misalnya saya dijamu orang tetapi orang tersebut menaruh racun di makanan saya, saya yakin saya tidak akan terpengaruh, saya yakin tangan Tuhan yang melindungi.

      “Janji” ini tidak akan berlaku kepada orang-orang yang mencoba menantang dan mencobai Tuhan. Tetapi meskipun saya diracuni dan saya sekarat, saya tidak akan protes dengan Tuhan jika Tuhan mengizinkan terjadi saya mati. Mati bagi Kristus adalah kehormatan karena Kristus sudah terlebih dahulu mati bagi saya.

  5. Jawaban apaan ??? Ini bukan jwban , sampah semua isinya ! Domba domba , ntah kapan pinternya … 10 hukum larangan allah kepada nabi musa yg dilanggar tu jwb bs gk ?

      1. Salam,bapak calvin,smga mendapatkan hidayah drALLAH,kmi ikut saran ya pak…
        Menurut pendapat kami,utk membuktikan bhw quran adlah firman ALLAH,sangat mudah utk dianalisa,dibandingkan dgn kitab taurat maupun injil,dr cara yg sederhana…

        tujuan utama diturunkannya Al-Qur`an bukan hanya untuk dipahami kemudian dijalankan saja, tapi juga agar ia menjadi bahan bacaan secara verbal (dengan bersuara) yang rutin dilakukan sehari-hari walaupun tanpa pemahaman makna.  Karena itu tentu Allah telah mempersiapkan bahwa Al-Qur`an itu sesuatu yang bisa dan bahkan mudah untuk dipelajari oleh manusia termasuk mempelajari dari segi bagaiman cara membacanya  yang benar.
        ALLAH YANG MEMPERMUDAH.
        Allah memberi  jaminan bahwa Al-Qur`an memang mudah untuk dipelajari oleh siapapun meskipun BUKAN ORANG ARAB. Allah berfirman :
        “Sesungguhnya telah Kami mudahkan Al-Quran untuk pelajaran, maka adakah orang yang mengambil pelajaran?” (Al-Qamar: 17)
        Dari segi redaksional ayat di atas dapat kita perhatikan beberapa hal :
        a.       Diawali dengan dua huruf (lafazh) yang menunjukkan kesungguhan yaitu LA dan QOD   yang artinya ‘sungguh, sesungguhnya, benar-benar’.
        b.      Lafazh ‘YASSARNAA’ artinya ‘Kami mudahkan’, Kami di sini maksudnya adalah Allah. Maksudnya yang mempermudah orang belajar Al-Qur`an ADALAH ALLAH,BUKAN MANUSIA. Kalau Allah yang berbuat pasti tidak akan pernah gagal dalam mempermudah Al-Qur`an ketika dipelajari.
        c.       Kata kerja ‘Kami mudahkan’ menggunakan kata kerja lampau (sudah terjadi) yang disebut dengan fi’il madhi. Ketika Qur`an menyebutkan sesuatu yang akan terjadi tapi disebutkan dengan kata kerja lampau biasanya menunjukkan hal itu pasti akan terjadi. Ayat di atas sudah turun sejak berabad-abad yang lampau, sementara akan terus ada orang yang belajar Al-Qur`an sampai nanti di akhir zaman. Artinya orang –orang yang belajar Al-Qur`an sampai nanti akan senantiasa mendapat kemudahan.
        d.      Ayat itu diakhiri dengan kalimat tanya ‘HAL’ (artinya: apakah / adakah) bukan dalam makna Allah bertanya karena tidak tahu, tapi kalimat tanya dalam makna Allah meyakinkan bahwa memang benar Allah akan mempermudah belajar Qur`an.
        e.       Kalimat tanya ‘apakah/adakah’ (HAL) diawali dengan ‘FA’ yang artinya ‘maka’, yang diantaranya  mengandung makna ‘segera atau tidak ditunda-tunda’. Artinya kemudahan belajar Al-Qur`an akan segera didapatkan sesuai dengan waktu dan tahapannya.
        f.       Ayat yang menunjukkan kemudahan belajar Qur`an di atas diulang 4 X dalam satu surat Al-Qamar yaitu ayat 17, 22, 32 dan 40.
        Dari segi makna ayat di atas dapat dipahami bahwa :
        a.       Allah sudah membuat Al-Qur`an ini sebagai kitab yang mudah dipelajari, tinggal manusia selanjutnya yang harus menjemput kemudahan itu dengan usaha maksimal. Allah memberi penawaran dan mempersilahkan kepada siapa saja untuk mengambil kemudahan dari Allah.
        b.      Siapa saja yang mau berusaha untuk belajar Al-Qur`an dengan maksimal, meskipun awalnya menghadapi kesulitan, maka Allah pasti nanti akan memberi kemudahan.
        Dengan demikian maka surat Al-Qamar: 17-22-32-40 di atas baik dari segi redaksi maupun makna menunjukkan bahwa Al-Qur`an itu mudah untuk dipelajari termasuk dari segi belajar membacanya dengan benar.
        Bentuk Kemudahan .
        Ada beberapa hal yang membuat kemudahan belajar Al-Qur`an menjadi terwujud, yang sekaligus sebagai bukti kebenaran Surat Al-Qamar di atas, yaitu :
        1.    Segi kata, kalimat dan tulisan :
        a.       Kalimat Al-Qur`an bersifat tetap meskipun waktu terus berlalu dan permasalahan manusia terus berkembang. Kalimat Al-Qur`an tidak akan bertambah, berkurang atau mengalami perubahan. Hal ini sudah diyakini oleh semua umat islam secara mutawatir. Berbeda halnya dengan kitab-kitab agama lain yang dari waktu ke waktu mengalami perubahan seperti taurat dan injil. Bahkan taurat atau injil yang satu dengan yang lain juga berbeda –beda. .
        b.      Dari segi bacaan, Al-Qur`an dari manapun diterbitkan, pasti sama bacaannya antara satu dengan yang lainnya meskipun berbeda wilayah kenegaraannya. Kalaupun ada perbedaan antara satu negara dengan yang lainnya itu tidak keluar dari salah satu qira`ah sab’ah ( 7 ) atau asyrah ( 10 ).
        c.       Dari segi penulisan, semua Qur`an sama karena harus mengikuti pola penulisan Mushaf Utsmani yang dapat dipelajari atau diketahui dengan ilmu Rasmul Utsmani,sshg semua seragam
         

        2. Al Qur’an itu mudah untuk dihafal. Siapa saja yang mau bertekad dan bersungguh-sungguh untuk menghafal Al Qur’an, pasti ia bisa dengan mudah untuk menghafalnya. Hal ini sudah merupakan jaminan dari Allah ‘Azza wa Jalla sebagai pemilik Al Qur’an. Sebagaimana firman-Nya dalam surat al-Qomar (54) ayat 17, 20, 32 dan 40, yang artinya: “Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan Al Qur’an itu untuk pelajaran, maka adakah orang yang mengambil pelajaran?”

        Pada ayat tersebut, Allah SWT telah menegaskan dengan pasti bahwa Al Qur’an itu mudah untuk dipelajari, termasuk menghafalnya. Adanya pengulangan dalam pengungkapan ayat yang lafazhnya sama, sampai empat kali pengulangan dalam satu surat, memberikan ”penguatan (ta’kiid)” makna bahwa Al Qur’an itu benar-benar mudah untuk dipelajari. Oleh karena itu setiap muslim wajib meyakini bahwa mempelajari Al Qur’an itu mudah, termasuk menghafalnya. Karena itu sudah merupakan janji Allah SWT. Dan Allah tidak pernah menyalahi janjiNya.

        Imam Jalalain menjelaskan ayat tersebut dalam kitab tafsirnya bahwa ”Kami (Allah SWT) telah memudahkan Al Qur’an dihafal dan telah mempersiapkannya mudah untuk diingat”.

        Berdasarkan penjelasan Imam Jalalain dalam menafsirkan surat Al Qomar ayat 17 tersebut, dapat kita pahami bahwa Allah SWT benar-benar telah memudahkan Al Qur’an untuk dihafal dan telah mempersiapkan susunan kalimat dalam ayat-ayatnya mudah untuk dihafal. Bukankah Al Qur’an itu Kalamullah (kata2 ALLAH)? Allah SWT lebih tahu kalam-Nya dari pada manusia. Kalau Allah SWT sudah menyatakan Al Qur’an mudah dipelajari, mudah dihafal, mudah diingat pastilah demikian adanya. Sehingga tidak layak seorang muslim meragukan kebenarannya.

        3. Allah SWT juga telah menyiapkan perangkat dalam tubuh manusia untuk bisa menghafal seluruh ayat-ayat Al Qur’an. Yakni, Allah SWT telah menciptakan otak manusia bisa mengingat dan menyimpan informasi. Berarti semua ayat-ayat Al Qur’an bisa disimpan dalam memori otak manusia. Demikian juga Allah SWT telah menciptakan indera pendengaran pada tubuh manusia sebagai alat/perantara mencerap bunyi ayat-ayat Al Qur’an agar tersimpan di dalam memori otak manusia.

        Dengan demikian menghafal Al Qur’an adalah pelajaran termudah dari mempelajari Al Qur’an, karena strateginya hanya “mendengar secara berulang”. Sehingga anak usia dini pun bisa menghafal AlQur’an. Bahkan orang buta pun bisa menghafal Al Qur’an. Siapapun bisa menghafal Al Qur’an, selama indera pendengarannya masih berfungsi dengan baik dan otaknya masih sehat, memorinya masih bisa menyimpan informasi.ini berlaku utk anak kecil,orng tua,orng buta (bahkan nabi muhamad seorng buta huruf),…bisa dibuktikan dgn bnyaknya manusia yg hapal alquran,shg alguran terjtaga keasliannya,dr awal diturunkannya sampai akhir zaman…hal ini jga sesuai dgn firman ALLAH,akan menjaga keaslian ALQURAN ini,tidak mugkin,dipalsukan,diganti,dr segi arti,bahasa,dan maknanya
        ….Jadi klu kta mau berpikir,klu ada anak keciil or buta,or buta huruf bsa hapal alquran itu menunjukkan bhw ALLAH,Sdh membuktikan janjinnya
        Dgn mukzizat ALquran itu sndiri…mungkin klu yg terjadi pd 1 or 2 kasus itu bsa bunyi kebetulan,tp klu sdh bnyak terjadi,ini bukan kebetulan lg,tp menjadi kaidah or teori baku..itulah mukzisat alquran…dan itu adlah kuasaNYA
        Hal ini dijelaskan dalam Al-Qur’an surat Al-Qiyamah 17 :

        Artinya :

        Sesungguhnya atas tanggungan Kamilah mengumpulkannya (di dadamu) dan (membuatmu pandai,) membacanya.

        Ayat di atas memeberikan petunjuk kepada kita bahwa al-qur’an itu dijamin kemurniannya dan terpelihara serta terkumpul dengan baik sejak saat turunnya sampai sekarang ini.

        Allah berfirman :

        Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Al Quran, dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya (Al-Hijr : 9)

        4. l-QUR’AN SEBAGAI Pengajaran dan Penyembuh
        Wahai manusia, Sesungguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari Tuhanmu dan penyembuh bagi penyakit-penyakit (yang berada) dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman. (Yunus:57)
        Muqaddimah 
        Sesungguhnya di dalam al-Quran banyak menyebut tentang ayat-ayat kesembuhan (Ayatul Syifa’) yang membentangkan pelbagai pengajaran penting berkaitan dengan kesihatan dan kesejahteraan diri. Misal ayat2 sbb :
        Ayat-ayat yang dimaksudkan ialah seperti berikut:

        Surah albaqoroh,Yunus: 81 – 82 :
        .Surat ini bila dibaca bisa utk keperluan rukyah,menyembuhkan sihir,gangguan jiwa,gangguan mahkluk halus — dan ini bisa dibuktikan pak…shg menambah keyakinan pd ALQURAN dan ALLAH — QURAN SBG KATA2 DAN FIRMAN ALLAH
        Memang,kta tdk perlu membuktikan bpk baca ayat2 ygdiinjil,shg bsa akan bsa menyembuhkan penyakit,atau menolak racun,mungkin itu terlalu jauh pak…tp dicoba pak,klu ayat injil dibaca atau meyakini yesus,bsa menolak hal2 kecil,misal ada mahkluk halus jahil or nakal…kebetulan kami sering dimintai tolong saudara2 nasrani,utk membacakan ayat2 quran,terutama surat albaqoroh,krn seringnya gangguan di rmhnya…bahkan,bberapa teman nasrani tsb paham betul surat albaqoroh,(255)…meski smpai skarng saudara2 nasrani,kami tetap nasrani,tp ndak mslah,(krn mslah iman,islam itu mslah hidayah,mslah petunjuk ALLAH,maka berbahagialah orng yg mau berpikir)…tp,setiap ada mslah yg berkaitan dgn gangguan mahkluk halus,mereka lebih percaya dibacakan ayat qur an pak….jd menurut kami,ndak ush dicoba minum racun pak…tp ada bnyak faedah,yg lebih nyata dlm kehidupan masyarakat kta pak

        Semoga bapak dapat hiyadah pemhaman pak

        1. Terimakasih atas komentarnya, baik saya respon:

          1. Jika Al-Qur’an sangat mudah untuk dipelajari, dan telah dipermudah oleh Allah, mengapa masih banyak perbedaan penafsiran? Alkitab saya mengklaim bahwa isinya ialah Firman Allah, tetapi karena itu jugalah isinya sangat kompleks dan membuatnya sangat mudah dipelajari pemula dan sangat sulit dipelajari mahasiswa. Dan tentunya, butuh bimbingan Roh Kudus.

          2. Transmisi duplikasi teks Al-Qur’an itu enak sekali karena dilindungi oleh Khalifat. Transmisi duplikasi teks Alkitab penuh warna aniaya, mereka harus menghindar dari ancaman karena memiliki Alkitab. Plus Alkitab memiliki 4.7x jumlah ayat Al-Qur’an. Alkitab tidak mengklaim letter-per-letter accuracy. Banyak orang boleh jadi Hafiz. Tapi berapa orang yang benar-benar mengerti?

          3. Saya yakin isi otak manusia bukan hanya untuk menghafal isi Al-Qur’an. Dan untuk informasi saja, Muhammad tidak buta huruf. Itu cuma legenda yang jadi popular belief di kalangan Muslim. Dan mungkin anda sudah tahu, tapi just in case, sebelum standardisasi oleh Uthman ibn Affan, setidaknya ada 6 versi Qur’an yang tersedia, belum lagi varian pengucapan. Dahulu tidak masalah, bahkan dalam satu hadith Muhammad berkata, “Baiklah seseorang melafalkan Qur’an dengan pengucapan yang paling mudah untuknya.” Tetapi setelah Uthman, semua jadi masalah.

          4. Dalam 1 Korintus 2:1, 4:20, Paulus menyatakan bahwa ia tidak datang dengan keindahan tutur kata tetapi kerajaan Allah yang datang dan ini soal kuasa. Qur’an sangat heboh dengan mengklaim sebagai mukjizat terbesar. Saya sendiri mempunyai pengalaman, dan saya percaya nama Yesus memiliki kuasa. Saya dapat berdoa dalam nama Yesus, penyakit sembuh, setan pergi. Saya seorang pemusik, saya bermain musik juga bisa dilakukan, penyakit sembuh, setan pergi.

          Sekali lagi terimakasih atas komentarnya. Tetapi hidayah oleh Allah yang telah ditunjukkan kepada saya membawa saya kepada Kristus. Dan sepertinya, tidak akan berubah.

          Tuhan memberkati,
          Calvin Limuel

  6. Pertanyaan keenam:
    1. siapa yg ngajarin menganalogkan kepala badan kaki?? Itu kan karang situ sendiri..
    2. Ketika yesus ditiang salib beliau katakan “eli eli la sabakhtani” apa kah tuhan meninggalkan yesus?? Brrti tuhan dan yesus 2 pribadi berbeda, apa kepala meninggalkan badan gt mksdnya?? Kalo yesus dan tuhan sama lalu siapa yg pergi? Siapa yg tinggal ditiang salib?? Kalo yesus mmng sdh dipersiapkan utk meti ditiang salib knp kluar kata2 itu yg seolah2 gk rela dikorbankan??
    Kematian bagi tuhan / atau anak tuhan itu bukan hal yg istimewa krn bagi tuhan memberikan kehidupan itu sgtlah mudah..
    3. Mana dalilnya dari alkitab 100% manusia 100% tuhan, blm ada tuh..
    Jelas dalil dr paulus tdk bisa diterima, krn paulus sdh terbukti rasul palsu, klao dia asli maka ajarannya tdk mungkin bertentangan dgn ajaran yesus..
    Yesus : Yesus utusan Tuhan (bukan Tuhan) Mat 10:56; 15:24; Yoh 11:42; 17:3; 13:16,20; 14:28
    Paulus : Yesus adalah Tuhan 1 Kor 8:6; Rom 10:9;
    Yesus : Yesus tidak membatalkan hukum Taurat Mat 5:17-20
    Paulus : Tak seorangpun dibenarkan karena melakukan hukum Taurat Gal 2:16
    Yesus : Menggenapi hukum Taurat Mat 5:29-30,34
    Paulus : Kristus adalah kegenapan Rom 10:4
    Yesus : Yesus disunat Luk 2:21; Kej 17:10-14; 21:4
    Paulus : Tidak perlu disunat, Gal 5:6; 1 Kor 7:19
    Yesus : Anak yang lahir tidak membawa dosa Mrk 10:14; Yeh 18:20
    Paulus : Tiap orang yang lahir membawa dosa Rom 5:12
    Yesus : Yesus mengajarkan banyak berwudlu ketika puasa, mengajarkan sujud dan doa dalam sujud Mat 6:17; 26:39; Kel 40:31-32; Bil 20:6; Kej 17:2-3
    Paulus : Mengajarkan bernyanyi-nyanyi di gereja Ef 5:19; Kol 3:16
    Yesus :’Meninggal’ dikafani ( dibungkus dgn kain kafan ) Matius 27 : 59, Markus 15 : 46, Yohanes 19 : 40
    Kristen: Adakah orang Kristen yang dikafani klo meninggal? Kok gak diikuti ajaran Yesus ?

    1. Terimakasih untuk pertanyanyaanya. Saya jarang mengecek kolom komentar, mohon maaf karena keterlambatan untuk menjawabnya.

      1. 1 Korintus 12:12-31
      2. Kata Eloi di sini bukan merujuk kepada Allah sebagai satu keesaan tetapi Yesus sebagai manusia setelah meninggalkan kemuliaanNya di surga menjadi temporarily subordinate kepada Bapa. Banyak pendeta yang mengajarkan Yesus mengatakan demikian karena Bapa memang benar meninggalkan Yesus, tetapi itu adalah anggapan yang sangat salah, karena Roma 8:38-39 mengatakan tidak ada yang dapat memisahkan kita dari kasih Allah. Bukanlah Allah yang meninggalkan Yesus, tetapi karena dosa seluruh manusia yang pernah hidup dan yang sedang hidup dan yang akan hidup ditumpahkan ke dalam diri Yesus, dan Yesaya 59:2 yang berkata dosa lah yang memisahkan kita dari Allah. Tetapi kasih Allah selalu buat kita. Dosalah yang membuat Yesus merasa jauh dan membuat Yesus mengutip Mazmur 22. Ngomong-ngomong soal Mazmur, Pemazmur Daud menulis demikian, bukan berarti benar-benar Allah meninggalkan atau Allah tidak peduli. Sama seperti Pemazmur menulis, “ingatlah akan janji-janjiMu”, bukan artinya Allah itu pelupa, tetapi itu untuk dirinya sendiri sebagai doa kepada Allah.

      Yesus mengatakan demikian bukan karena tidak rela dikorbankan. Tetapi suatu hal yang indah yang kita patut bersyukur karenanya, bahwa sebelum Yesus mati di atas kayu salib, ia juga merasakan kejauhan dari Tuhan seperti kita merasakan kejauhan dari Tuhan karena dosa-dosa yang kita punya.

      3. Yesus bukan 100% Tuhan 100% Manusia. Natur Yesus sebagai makhluk ilahi dan juga makhluk mortal bukan sesuatu yang kita bisa definisikan dalam prosentasi. Istilah nya “hypostatic union”, bahwa Yesus adalah pribadi Allah yang menyatu dengan kemanusiaan, telah ditulis oleh Rasul Yohanes dalam Yohanes 1:1, 1:14, 8:58, 10:30. Karena ia “fully human”, maka Yesus juga mengalami batasan-batasan sebagai manusia, tetapi karena ia “fully God” pada hakekatnya, ia juga bisa menjalankan haknya sebagai Allah.

      3b. ini adalah diskusi yang tidak relevan. karena tidak ada pembuktian bahwa Paulus adalah rasul palsu.
      betul Yesus berkata bahwa Yesus adalah utusan, tetapi tidak ada masalah bahwa Tuhan mengutus diriNya sendiri menjadi utusan. Tuhan mengirim Firman-Nya dlm Yesaya 55:11 dan Mazmur 107:20 (yang mana juga adalah nubuatan tentang Yesus), dan Yohanes 1:1 berkata “the Word is God”. Yesuspun pengutus Roh Kudus dalam Yohanes 14:15-31;16:4-15, yang juga adalah Tuhan sendiri.
      Benar jika Paulus bilang tak seorangpun dibenarkan karena melakukan hukum Taurat. Yesus tidak membatakan hukum Taurat, Yesus melaksanakannya dan menggenapinya. Yesus adalah satu-satunya manusia yang dapat melakukan hukum Taurat dengan sempurna. Yesus melakukan apa yang tidak dapat kita lakukan, yaitu menaati seluruh hukum taurat dengan sempurna.
      Yesus menggenapi hukum Taurat, dan Yesus adalah kegenapan adalah cara lain untuk mengatakannya. Tidak ada masalah
      Yesus disunat karena sunat adalah lambang perjanjian/covenant bagi seisi rumah Abraham. Pauluspun disunat, dan Pauluspun menulis bahwa ia pun menyuruh Timotius untuk disunat karena ibunya orang Yahudi.
      Benar bahwa anak lahir tidak membawa dosa (btw Mrk 10:14 tidak berkata apapun ttg itu), karena mereka tidak melakukan dosa. Dosa masing-masing orang ditanggung masing-masing. Tetapi Daud pun mengakui bahwa kita semua dilahirkan dalam keadaan berdosa (Mazmur 51), bukan berarti kita sudah memiliki dosa yang kita buat tetapi karena kita dilahirkan dalam dunia yang penuh dosa dan kuasa dosa itulah yang mempengaruhi kita dan melemahkan kita akan dosa.
      Tidak ada pertentangan antara wudhu, sujud, dan bernyanyi-nyanyi di gereja. Karena Yesuspun bernyanyi-nyanyi (Matius 26:30), dan Pauluspun bersujud ketika berdoa (Kisah 21:55), dan juga, ngomong-ngomong, menjalankan ritual Taurat (Kisah 21:17-26).
      Yesus dikafani karena itu adat timur tengah. Pasti banyak juga orang-orang Kristen yang meninggal dikafani di timur tengah sana.

      1. 1. Korintus 12:12-31, itu menceritakan tentang orang2 yang telah dibaptis bagaikan satu tubuh, bukan penjelasan tentang trinitas.. perhatikan konteksnya, jujurlah pada diri sendiri.
        2. a. katanya tetep aja diputer2, “temporarily subordinate” ilmu dari mana lagi ini?? tetap tidak bisa menjelaskan siap yang meninggalkan tiang salib siapa yang tetap ditiang salib
        b. “bahwa sebelum Yesus mati di atas kayu salib, ia juga merasakan kejauhan dari Tuhan seperti kita merasakan kejauhan dari Tuhan karena dosa-dosa yang kita punya” ini kata2 anda sendiri lho, bgaimana mungkin yesus merasa jauh dari tuhan padahal anggapan anda yesus itu sendiri adlh tuhan?
        c. mana jawaban utk pertanyaan ini?? “Kematian bagi tuhan / atau anak tuhan itu bukan hal yg istimewa krn bagi tuhan memberikan kehidupan itu sgtlah mudah” artinya kalo tuhan berpura2 mati ditiang salib, seolah2 kesakitan, ya itu berarti sama aja kayak sinetron.
        3.a. anda sendiri yg menyebutkan dalam prosentasi 100% tubuh manusia 100% roh tuhan,, sekarang anda revisi sendiri..??
        b. “Karena ia “fully human”, maka Yesus juga mengalami batasan-batasan sebagai manusia, tetapi karena ia “fully God” pada hakekatnya, ia juga bisa menjalankan haknya sebagai Allah” nih kata2 anda sendiri sama aja kan 100% manusia 100% tuhan..??
        anda begitu kebingungan masalah ini kadang anda setuju 100% manusia 100% tuhan kadang anda sanggah sendiri, terus setuju lagi.. jelas bingung krn memang ini sekenario manusia utk menuhankan yesus, tidak akan bisa sempurna.
        3b. sangat relevan menguji keaslianpaulus..
        a. “betul Yesus berkata bahwa Yesus adalah utusan, tetapi tidak ada masalah bahwa Tuhan mengutus diriNya sendiri menjadi utusan” dan “Yesuspun pengutus Roh Kudus dalam Yohanes 14:15-31;16:4-15, yang juga adalah Tuhan sendiri” ini kata2 anda juga. tuhan mengutus dirinya sendiri, dan mengutus dirinya sendiri juga untuk menyampaikan pesan pada dirinya sendiri.. jd intinya ini kayak sandiwara sinetron lagi kan.. misalnya nih: saya mengutus diri saya sendiri, terus saya juga mengutus diri saya sendiri untuk menyampaikan pesan untuk saya sendiri… hahaha… aneh banget kan..??
        b. yesus aja gak berani membatalkan hukum taurat, kenapa paulus berani melarang orang untuk melakukan hukum taurat?? kalo rasul nya bertentangan dengan perintah tuhannya brrti siapa yang palsu?? bisa tuhannya yg palsu bisa juga rasulnya yg palsu bisa juga kedua2 nya.. silahkan pilih..
        c. “Benar bahwa anak lahir tidak membawa dosa” dan “Tetapi Daud pun mengakui bahwa kita semua dilahirkan dalam keadaan berdosa” lihatkan sekarang anda mengadu ayat2 alkitab anda sendiri yang bertentangan, brrti salah satu ada ayat yang palsu atau kedua2 nya palsu, silahkan pilih… “bukan berarti kita sudah memiliki dosa yang kita buat tetapi karena kita dilahirkan dalam dunia yang penuh dosa” ini kata2 anda ternyata sgt bertentangan dengan mazmur 51 “dilahirkan dalam keadaan berdosa”
        d. lihat kan cara berdoa yang diajarkan, berwudhu, bersujud, menyanyi… yesus memang org islam menyanyi identik dengan melantunkan ayat2 suci.. terus ajaran siapa yang menghilangkan bagian berwudhu dan bersujud?? seharusnya anda mencontoh bagaimana yesus berdoa dengan lengkap.
        e. yesus dikafani, mungkin memang benar adat timur tengah.. terus meninggal pakai pakaian terbaik adat dri mana?? mana yang lebih mulia mencontoh tuhan anda atau mencontoh adat anda??

        1. 1. betul, memang bukan berbicara tentang trinitas. saya kan sudah bilang saya dasarkan analogi saya dari perikop tersebut. coba baca lagi komentar saya dengan teliti

          2. ilmu dari teologi yang sudah bertahun-tahun diajarkan di sekolah alkitab.
          two of my favorite answers:
          http://www.reasonablefaith.org/subordination-of-god-the-son-to-the-father
          http://www.gotquestions.org/subordination-Trinity.html

          3a. Ya. Saya bukan manusia sempurna yang tahu segala, sebagai manusia yang selalu belajar saya juga harus mengkoreksi diri apa yang saya salah katakan. Artikel ini saya buat berberapa 2013. Saya sudah tulis demikian di komentar sebelumnya, agustus tanggal 6.

          3b. memang aneh. bukan sesuatu yang manusiawi bukan? jangan samakan hakekat ilahi dengan hakekat manusiawi.
          Yesus “dengan matinya membatalkan hukum taurat”. Yesus bilang satu titik tidak boleh “hilang“, bukan tidak boleh “batal“. Coba dibaca lagi ayatnya.
          “Anak lahir tidak membawa dosa” dalam artian anak tersebut tidak punya hutang. “Daud mengakui kita dilahirkan berdosa” artinya kita terlahir dengan kecenderungan untuk berbuat dosa. Makanya ada istilah “nobody is perfect“.
          Tidak ada yang menghilangkan wudhu dan sujud. Ini tradisi yang diterjemahkan dalam konteks perjanjian baru sesuai standar kultur masing-masing.
          Kekristenan tidak menuntut menuruti adat Yahudi bahkan dikecam di Kisah Para Rasul 15. Coba dibaca lagi Alkitabnya.

          Tuhan memberkati,
          Calvin Limuel

          1. 1. ya berarti anda ngawur, wong gak ada hubungannya kok dihubung2 kan…
            2.gak usah ngasih link jawab aja kalo memang punya jawabannya, saya yakin paus pun gak akan bisa jawab.. sudah lihat kan video paus di tantag debat sama zakir naik gak brani..
            3. dari 2013 sampai sekarang juga anda blm bisa menemukan jawabannya
            3b.kalo semua menurut alkitab ya gak aneh yesus manusia dan rasul Alloh, sudah sangat jelas yesus mengakui dirinya berkali2 sebagai utusan Alloh, apa namanya utusan Alloh kalo bukan nabi??, begitu dia dijadikan tuhan ya jadi aneh dan gak masuk akal bukan karena dia tuhan tapi aneh karena dia manusia yg di paksa dijadikan tuhan.

            “Yesus bilang satu titik tidak boleh “hilang“, bukan tidak boleh “batal“. aneh gak boleh dihilangkan tapi boleh dibatalkan, ttrus buat apa dia ada disitu, buat hiasan doang..??? ya ini salah satu bentuk cara kalian menafsirkan alkitab seenak perut kalian alias dengan hawa nafsu kalian, mencari pembenaran dari keyakinan kalian yang tidak punya dasar

            kalo kisah para rasul 15 mengecam mengikuti adat yahudi; berarti alkitab mengecam yesus yang mengikuti adat yahudi..
            mana jawaban dari pertanyaan saya yg lainnya?

            saya do”akan lah buat admin dan seluruh umat kristiani semoga dibuka pintu hidayah buat anda sekalian..
            kurang jelas apa lagi yesus berkali2 mengaku dengan tegas dia sebagai utusan, utusan itu ya apa lagi kalo bukan nabi..?? dan dia tidak pernah sekalipun dengan tegas dan jelas mengakui bahwa dia tuhan atau sembahlah aku.. kenapa anda masih tidak mau menerima pengakuan yesus..??

            yesus itu nabi asli dia mendapat wahyu dari Alloh bahwa dia suatu saat akan dituhankan;
            Matius 7 : 21 – 23 :

            21). “Bukan setiap orang yang berseru kepadaKu : Tuhan, Tuhan.! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak BapaKu yang ada di sorga”.

            22). “Pada hari terakhir banyak orang akan akan berseru kepadaKu : Tuhan Tuhan, bukankah kami bernubuat demi namaMu, dan mengusir setan demi namaMu dan mengadakan banyak mukjizat demi namaMu juga.?”

            23). “Pada waktu itulah Aku akan berterus terang kepada mereka dan berkata : “Aku tidak pernah mengenal kamu.! Enyahlah dari padaKu, kamu sekalian pembuat kejahatan”.

            Nah……. Apakah ayat dan ucapan Yesus tersebut diatas, belum juga jelas bagi kaum Kristiani bahwa……. YESUS SANGAT MARAH DIPANGGIL TUHAN……..???

          2. 1. lho kan namanya analogi.
            2. jgn argumentum ad lapidem dn red herring dong. monggo rajin sedikit dibaca linknya. kalau ndak ngerti bahasa Inggris ada terjemahannya.
            3. jawaban apa?
            3b. Yesus memang Allah dan tidak perlu dijadikan Allah.

            tidak boleh dihilangkan tetapi boleh dibatalkan. Sama seperti Piagam Jakarta, tidak boleh dihilangkan tetapi boleh dibatalkan bukan? Jadi kita tahu ada sejarah bahwa Indonesia hampir menjadi negara Islam, tetapi atas nama persatuan bangsa dan negara, sila pertama ketuhanan berdasarkan syariat islam, diperluas menjadi ketuhanan yang maha esa. Itupun masih mengucilkan org2 Hindu dan Budha, agama asli Indonesia. Orde Baru tidak bisa kita hilangkan, tetapi syukur alhamdulilah telah dijungkirbalikkan, penyembuhannya masih proses. Kalau kita menghilangkan orde baru maka kita malu dengan sejarah bangsa kita sendiri. Paham?

            Kisah 15 hanya mengecam org2 yahudi yang memaksa org2 non-yahudi untuk beradatistiadat seperti orang Yahudi. Yesus orang Yahudi, jadi tidak ada masalah.

            Yesus berulangkali mengatakan bahwa ia berkuasa mengampuni dosa (Matius 9:6, Markus 2:10, Lukas 5:24). Kalau Yesus bukan Tuhan, berarti entah Yesus gila atau membual saja. Bahkan dalam Matius 26 jelas sekali bahwa alasan Yesus dihukum mati adalah karena “penghujatan” karena menyamakan diri dengan Allah. Yesus juga berulangkali menyamakan diri dengan Allah dalam Yohanes 8 dan Yohanes 10, bahkan dalam Yohanes 10 ia hampir dirajam banyak orang dengan alasan, “Engkau mencoba menyamakan diri dengan Allah.” Tuduhan yang tidak dapat disangkal oleh Yesus, karena nabi Allah tidak dapat berdusta.

            saya cape menjelaskan Matius 7:21-23 berulangkali. coba baca lagi frasenya: “Bukan setiap orang yang berseru kepadaKu: Tuhan, Tuhan”. Apakah Yesus menolak dipanggil Tuhan? coba ganti kalau kalimatnya begini: “Allah berfirman, ‘Tidak semua orang yang memanggil-Ku yang masuk Surga, tetapi mereka yang melakukan kehendak-Ku.'” Tidak semua orang yang memanggil Allah bisa masuk surga, tetapi mereka yang melakukan kehendak Allah. Tetapi kalo Yesus, penafsirannya berubah tajam. Ini namanya contextomy yg disebabkan oleh circular reasoning.

            justru melalui Matius 7:21-23 malah lebih jelas bahwa Yesus adalah Tuhan. Apa gunanya panggil Yesus sebagai Tuhan, kalau Yesus bukan benar-benar Tuhan (berkuasa, berdaulat) atas hidupnya? Kalau hidup tidak taat kehendak Tuhan?

          3. 1. berarti trinitas memang tidak ada dasarnya di dalam injil.. trus dasarnya apa kalian membuat teori trinitas..??
            2. tetap aja gak masuk akal, kalian cuma membuat2 teori2 buatan kalian sendiri yang di paksakan, tertutup hati dan pendengaran kalian dari mendengar kata2 yesus..
            yohanes 14:28 “bapak lebih besar dari pada aku” yesus dengan jelas membedakan dirinya dengan bapak, dan bapak lebih besar.. tapi justru kalian membuat teori yang menipu diri kalian sendiri..” akutidak dapat berbuat apa2 dari diriku sendiri, aku menghakimi sesuai dengan apa yang aku dengar, dan penghakiman ku adil, sebab aku tidak menuruti kehendakku sendiri melainkan kehendak Dia yang mengutus aku”
            yesus menghakimi sesuai yg diperintahkan, dan yesus dengan jelas mengaku sebagai utusan/nabi.. berhentilah menipu diri sendiri sudah terlalu banyak pengakuan yesus sebagai utusan..
            3. setelah bertahun2 100% tuhan 100% manusia, apa masih ini kesimpulan anda??
            3b. apa yesus pernah mengajarkan bahwa tidak boleh menghilangkan tapi boleh membatalkan?? sebutkan buktinya, atau tunjukkan bahwa yesus melanggar hukum taurat tanpa alasan. paling itu ajaran paulus lagi..

            apa yesus yang melarang orang non yahudi untuk tidak mengikuti adat yahudi?? itukan paulus sama petrus, silahkan salin ayatnya mana kata2 mengecam??

            Tetapi supaya kamu tahu, bahwa di dunia ini Anak Manusia berkuasa mengampuni dosa” –berkatalah Ia kepada orang lumpuh itu matius 9:6.. ini kan maksud anda disebutkan “anak manusia” manusia kan..?? kalo memang Alloh memberikan hak kepada yesus untuk mengampuni dosa, bukan berarti yesus tuhan kan..
            ini yohanes 8 “dan jikalau Aku menghakimi, maka penghakiman-Ku itu benar, sebab Aku tidak seorang diri, tetapi Aku bersama dengan Dia yang mengutus Aku.” tuh kan yesus mengaku lagi sebagai utusan/nabi..
            ini yohanes 10 “Tidak seorangpun mengambilnya dari pada-Ku, melainkan Aku memberikannya menurut kehendak-Ku sendiri. Aku berkuasa memberikannya dan berkuasa mengambilnya kembali. Inilah tugas yang Kuterima dari Bapa-Ku.” yesus tidak mengaku tuhan tapi yesus mengaku sebagai nabi mangkannya dia mau dirajam, yesus menerima tugas dari bapa apa namanya kalo bukan nabi..??
            kalo memang yesus tuhan maka AJARAN PALING PENTING SEHARUSNYA IALAH ” AKULAH TUHAN, SEMBAHLAH AKU” tapi justru kata2 itu tidak ada sama sekali didalam keseluruhan injil.. kenapa..?? yg banyak justru akulah utusan brkali2 tp kalian justru membuat teori2 bodoh untuk membalikkan kata2 yesus untuk menuhankan dia..

            Matius 7:21-23 kenapa harus diganti?? dengarkan yesus sesuai yg dia katakan, dia memisahkan dirinya dengan bapa disurga..
            klo memang yesus tuhan seharusnya dia bilang “kehendakku” bukan “kehendak bapa yang ada disurga”
            anda tau nggak konteks ayat2 ini..?? “Waspadalah terhadap nabi-nabi palsu yang datang kepadamu dengan menyamar seperti domba, tetapi sesungguhnya mereka adalah serigala yang buas” ini matius 7:15.. ya ini lah konteks ayatnya,, hati2 terhadap nabi palsu yg mengajarkan memanggil2 yesus tuhan.. siapa nabi palsu?? ya.. tepat sekali rasul paulus.. org yang tertipu nabi palsu memanggil2 yesus sebagai tuhan nanti akan diusir oleh yesus di hari akhir…

          4. 1. TAUHID pun gk ada di al-Qur’an. Dasarnya? Shahada pun gk ada di Al-qur’an. Pilar Islam jg gk ada di Al-Qur’an.

            2. Saya mendengar dan membaca perkataan Yesus. Yesua mengatakan demikian karena Ia adalah Anak, dan Anak turut dng Bapa dong? Kalo nggak kan Yesus kurang ajar? Tetapi kitab Yohanes dimulai dari pasal 1. Silahkan baca dalm konteks. Anda ingat Matius 26:64 Yesus ditanya apakah kamu Mesias anak Allah, Yesus menjawab engkau telah mengatakannya, dan Yesus mengklaim mereka akan melihat Anak Manusia duduk di sebelah kanan Allah dan turun dalam awan kemuliaan. Yesus sedang mengutip Daniel 7:13-14. Lalu para imam bilang “Hujat!” Dan akhirnya menjatuhkan hukuman salib. Yesus mengklaim sebagai Tuhan, dan dibunuh berdasarkan klaim tersebut, justru ketika Yesus mengklaim sebagai Anak Manusia, bukan sebagai Anak Allah, karena Yesus merujuk kepada Anak Manusia “duduk di sebelah kanan Allah” yang artinya menyetarakan diri dengan Allah dan “turun dalam awan kemuliaan”. Jika Yesus tidak mengklaim bahwa dirinya Tuhan, tidak akan ada alasan buat dirinya disalib.
            3. Tidak bertahun2. Saya memang koreksi untuk pemakaian prosentase, tetapi saya tetap teguh bahwa Yesus adalah Fully Mortal dan Fully Immortal, Fully Man and Fully Divine.
            3. Matius 5:7 Yesus menyatakan ia datang bukan untuk menghancurkan hukum taurat melainkan mengakhirinya. Yesus tidak pernah melanggar hukum taurat, itu sebabnya hanya dia yang berhak menggenapi dan mengakhiri hukum Taurat dengan pengorbananNya di kayu salib. Puji Tuhan!
            Yesus tidak melarang orang non yahudi karena Yesus tidak melayani orang Yahudi. Kisah Para Rasul 15 adalah konsili Yerusalem yg dipimpin oleh saudara Yesus yg bernama Yakobus, bukan murid Yesus.
            Tetapi kuasa mengampuni dosa hanya milik Allah. Kata “Anak Manusia” bahkan berarti lebih besar dari “Anak Allah”. Jika artinya hanya dipinjamkan untuk menyatakan pengampunan dosa, kita juga punya ketika kita mengampuni orang yg berbuat salah kepada kita. Tetapi kita tidak berhak atas kuasanya.
            Kami tidak pernah memungkiri bahwa Yesus adalah Utusan, tetapi Yesus bukan cuma Utusan tetapi Anak Allah yang diutus. Dan ayat tersebut merujuk kepada sistem penghakiman Yahudi bahwa harus ada 2-3 saksi untuk menghakimi.
            Baca lagi alasannya di ayat 33. Mereka merajam bukan karena “perkerjaan baik” yang berarti benar Yesus itu nabi. Tetapi “karena engkau manusia, membuat diri sebagai Allah.”

            Yesus tidak pernah bilang “sembahlah Aku.” Yesus bukan org sombong yang gila hormat. Tetapi bahkan di ayat2 awal di Matius, Yesus mengklaim keallahan. Perhatikan ketika Yesus mengutip ajaran Taurat, misalnya, “engkau telah mendengar, jangan membunuh.” Jika Yesus cuma nabi biasa, Yesus akan berkata “Tuhan berfirman,” seperti apa yg dilakukan Musa, Elia, Samuel, dll. Tetapi Yesus lanjut, “Tetapi Aku berkata kepadamu.” Ini bukan Allah Bapa yg berkata tetapi Yesus. Yesus sendiri yang buat aturan baru di atas peraturan Allah dalam Taurat. Kalau dia bukan Allah dia tidak berhak berbuat demikian.

          5. 1. kalo gak punya jawaban jangan mengalihkan nanya balik.. apa dasarnya trinitas mu..??
            di Islam sangat jelah masalah ketauhidan Surah Al-Ikhlas: 1. “Qulhuwaallohuakhad” (katakanlah bahwa tuhan Alloh itu satu). 2. “Allohusommad” (Alloh tempat bergantung segala sesuatu). 3. “lam yalid walam yulad” ( dia tidak beranak dan tidak diperanakkan) dan seterusnya silahkan baca sendiri..
            ada enggak diinjil pernyataan yg jelas dan tegas seperti ini..?? bahwa yesus tuhan..???

            gak usah debat kusir lah gak ada gunanya juga kalo anda belum membuka hati anda untuk menerima kebenaran, konkrit aja lah.. saya tantang anda kalo anda bisa jelaskan konsep ketuhanan yesus dengan logika dan perkataan yesus dalam alkitab (tanpa teori2 yg kalian buat2 sendiri), saya siap masuk agama kristen, tapi kalo anda gak berhasil anda harus masuk agama saya…
            itu sebenernya baru 1 masalah, belum lagi masalah keaslian kitab kalian, penyaliban dll., tp gpp lah saya minta satu aja..

            yohanes 14:24 : kata-kata yang kau dengar bukan dari ku, melainkan Bapakku yang mengirimnya kepada ku..
            yohanes 16;12-14 : masih banyak yang harus aku katakan kepadamu, tetapi sekarang kamu belum dapat menanggungnya, tetapi apabila ia datang yaitu roh kebenaran, ia akan memimpin kamu kedalam seluruh kebenaran, sebab ia tidak akan berkata-kata dari dirinya sendiri, tetapi segala sesuatu yang di dengarnya itulah yang akan dikatakannya, ia akan memuliakan aku.
            yohanes 5:30 : aku tidak dapat brbuat apa2 dari diriku sendiri, aku menghakimi sesuai dengan apa yang aku dengardan penghakiman ku adil, sebab aku tidak menuruti kehendakku sendiri, melainkan kehendak dia yang mengutus aku
            (sama kan, nubuat untuk nabi muhammad juga sama, sama2 hanya penyampai wahyu)

            kalo anda belum siap pindah agama saya sarankan untuk tidak menerima tantangan saya..
            terimakasih atas ilmunya selama ini..

          6. Alkitab adalah buku naratif, menceritakan cerita. Tidak bisa disamakan dengan Al-Qur’an. Tidak semua aspek bisa ditemukan di satu tempat. Mungkin anda malas membaca?

  7. Gimana pak brow..?? Gak mampu jawab ya???
    Katanya pernah jawab pertanyaan yg lebih sulit dari ini??
    Memang anda tidak akan pernah bisa mencari analaogi yg sempurna, krn mmng trinitas itu dogma/doktrin, tau kan artinya?? Otak diperkosa menerima sesuatu yg gak masuk akal.. pasti kalian bilang harus dibimbing roh kudus.. kalo orang sudah menyembah gak pake logika itu sama aja kyk penyembah pohon/batu itu sama juga doktrin ( klo ada anak yg tanya: “ma kenapa tuhan qta batu?” “gak usah banyak tanya tuhan itu ya batu dr dulu”)
    Kalo yesus 100% roh tuhan 100% tubuh manusia, kenapa dia gak tau kpn hari kiamat?? Atau menurut mu yesus lagi bohong..??

    1. Memang tidak ada analogi yang sempurna, Alkitab memiliki bahasanya sendiri. Tetapi meskipun analogi kita tidak dapat mencapai, belum tentu itu tidak benar. Anda sendiri bagaimana? Dari model argumentasi anda, saya asumsikan anda adalah muslim. Banyak yang berkata mereka masuk Islam karena model monoteisme Islam lebih masuk akal dan logika ketimbang ajaran Kristiani bahwa ada tiga pribadi dalam satu Allah yang Esa. Bukankah itu seakan bertentangan dengan argumen anda? Otak mencari yang lebih masuk akal, makanya memeluk Islam. Tetapi sebaliknya, kami umat Kristiani tetap memelihara logika kami yang Tuhan sudah berikan kepada kami, dan kami menggunakannya sebagaimana diperintahkan dan diinstruksikan dalam Alkitab. Dari dahulu, sebelum sekularisme menuntut pemisahan antara kesakralan dengan sekuler, dalam sejarah scholarship ilmu kekristenan, teologi dan filosofi adalah dua pelajaran yang tidak terpisahkan. Merupakan tuduhan yang tidak berdasar bila dikatakan no logic involved.

      1. Saya gak mudah terjebak kata2 yang anda puter2.
        Lihat jawaban anda sudah mengakui:
        1. Islam lebih masuk akal.
        2. Trinitas tdk bisa dianalogikan, bibel punya bahasa sendiri:
        Justru tuduhan saya jadi sangat memiliki dasar.
        3. Umat kristiani punya logika sendiri: ya itu namanya doktrin, hanya yg sdh menerima doktrin aja yg bisa menerima logika yg tidak masuk akal.
        Sama sprti penyembah batu, org bisa menganggap apa aja jadi tuhan, kecuali mereka punya logika yang benar2 waras dan sehat..

        1. 1. Saya sudah katakan, kalau allah saya masuk akal saya, tidak patut saya sembah, krn ternyata akal saya bisa menaklukan allah.

          2. Dasarnya apa?

          3. Apa artinya doktrin?

          1. persis seperti penyembah pohon, mereka juga gak perlu masuk akal, bapak ibunya bilang tuhanmu pohon ya sudah percaya saja dia.. sama kayak Anda, paulus bilang Tuhan mu Yesus ya sudah percaya saja walaupun gak masuk akal.. sama to..
            terus apa fungsinya Tuhan kasih akal pikiran buat kamu..

  8. Anda bilang 100% roh tuhan 100% tubuh manusia, menurutmu roh tuhan perlu mengenyam pendidilan selama 17 thn..?? Menghafal 5 kitab taurat, mishna, talmud..?? Tuhan itu Maha tahu, Maha pencipta, Dia yg menciptakan jagat raya dan bumi yg hanya seperti debu ini.. 100%roh tuhan yg km ceritakan itu jauhhhhhhh banget dr kulitas tuhan yg sesungguhnya… apakan Tuhan yg seAgung itu perlu mengenyam pendidikan..???
    Pliss mas pake logika nya..

    1. Artikel ini saya tulis tahun 2013, setelah itu saya mempelajari bahwa memang kurang tepat jika hypostatic union dijabarkan dengan prosentase. Yesus mungkin tidak perlu mengenyam pendidikan 17 tahun tetapi hal tersebut diperlukan dalam komunitas Yahudi sebelum menjadi pengajar di muka umum. Seorang Yahudi tidak perlu menghafal mishna dan talmud, hanya Taurat. Apalagi Talmud, yang isinya adalah cerita-cerita, tidak termasuk kanon Yahudi.

      1. begitulah bila manusia di paksa2 dijadikan tuhan, tidak akan bisa dijelaskan dgn cara apapun..
        Manusia tetap manusia, sehebat apapun kalian mengubah2 isi alkitab tetap tidak akan pernah sempurna..
        Manusia hanya seperti debu di jagat raya ini, sedangkan Tuhan lah yang menciptakan jagat raya ini..
        Anda tau perbandingan bumi ini dengan jagat raya?? Sama seperti kelereng dibandingkan dengan bumi..

  9. SIAP-SIAP MENINGGALKAN ISLAM SEBELUM KIAMAT.

    BATU HAJAR ASWAD DAN BATU RUKUN YAMANI.
    Siapakah sebenarnya batu-batu ini?
    Apakah batu-batu ini adalah alloh?
    Apakah tujuan naik haji hanya untuk mengusap batu-batu ini?
    Apakah batu-batu ini yang disembah waktu sholat?

    SADAR ATAU TIDAK SADAR SABDA INI MENGANTARKAN ANDA KE NERAKA.
    SABDA INI DIBACA HARUS MEMAKAI KACA PEMBESAR AGAR JELAS ARTINYA.
    sabda Nabi shallallahu alaihi wa sallam, “Sesungguhnya, mengusap Hajar Aswad dan Rukun Yamani dapat menghapuskan dosa-dosa.” (HR. Ahmad dari Ibnu Umar, dinyatakan shahih oleh Al-Albany dalam Shahih Al-Jami, no. 2194)

  10. Ada gak syarat sah hajji harus ngusap hajar Aswad ??.. hajji itu hanya wuquf dia Arafah saja sudah sah, yg lainnya Sunnah saja… tanpa melihat atau mengusap hajar Aswad pun sah.. sah.. dan sahh….

    Sholat juga menghapuskan dosa, puasa juga menghapuskan dosa, setiap langkahmu menuju ke masjid jg menghapuskan dosa, lantas apa sholat, puasa dan jalan ke masjid juga Tuhan..??

    Harap lebih kritis dan jangan mudah digiring cara pikir kalian oleh org2 yg tdk bertanggung jawab…

  11. Jika Allah bisa dijelaskan dengan Logika, berarti Allah sama halnya dengan benda mati. Mungkin agama lain bisa menjelaskan keberadaan Allah secara logika, tetapi bagiku Allah punya rahasia sendiri. Jika Allah bisa dijelaskan dengan logika, apa lagi artinya percaya??
    Jika memang di ajak menjelaskan dengan logika, logika kah, jika Tuhan pemilik segalanya, alam semesta, nafas, pikiran, hidup, ilmu pengetahuan, untuk apa lagi jadi Tuhan, toh bisa dijelaskan.
    sama halnya dengan komputer yg dapat di retas…
    Satu lagi, Allah adalah Allah, bukan ilmu pengetahuan, atau matematika…

    1. Tujuan dari proses pemikiran saya bukan untuk menjelaskan Allah secara tuntas dengan logika, tetapi karena Allah adalah pencipta eksistensi (existence) di mana hukum logika itu inherent, dan jika Allah adalah kebenaran dan tidak dapat berbohong karena bertentangan dengan natur-Nya, maka logis juga jika Allah tidak akan melanggar hukum logika. Tidak dapat dijelaskan (unexplainable) tidak sama artinya dengan tidak logika (illogical) atau bertentangan dengan logika (logically incompatible or false).

      1. Tuhan memang tidak akan pernah bisa di jelaskan dengan logika, tuhan adalah fiksi karena tidak ter Indra oleh manusia, yg bisa kita lakukan adalah menguji hipotesa.. hipotesa yg menerangkan bahwa yesus adalah tuhan itu yg sgt lemah..

          1. Wow… Mengindra logika itu konyol sekali…
            Jawab saja, berikan hipotesa/bukti bahwa Tuhan yg menciptakan alam semesta adalah yesus…

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.