Yesus hanya untuk Israel, benarkah?

Sebuah kebenaran tidak mungkin sebagian benar sebagian salah, mari kita meneliti apakah Yesus hanya untuk umat Israel atau untuk seluruh umat manusia di dunia? Berikut adalah (lagi-lagi) Facebook notes dari akun Jalan Avraham

notes bersangkutan: https://www.facebook.com/note.php?note_id=10150408077595454

Dalil 1 Yesus hanya untuk Bani Israel
Matius 10:5-6. Kedua belas murid itu diutus oleh Yesus dan beliau berpesan kepada mereka: “Janganlah kamu menyimpang ke jalan bangsa lain atau masuk ke dalam kota orang Samaria, melainkan pergilah kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel.

Ya karena mereka sedang tahap awal penginjilan dan scopenya baru hanya di daerah bangsa Israel.

Dalil ke 2 Yesus hanya untuk Bani Israel
Yohanes 17:9 Kata Yesus “Aku berdoa untuk mereka (Bani Israel), bukan untuk dunia aku berdoa, tetapi untuk mereka..

hayo tafsiran dari kalau kata mereka itu merujuk kepada Bani Israel? tafsiran sendiri? jiah. lagipula, kenapa ayatnya dipotong? karena sebenarnya isinya krusial sebagai kelengkapan ayat.

Yohanes 17:9-12
9 Aku berdoa untuk mereka. Bukan untuk dunia Aku berdoa, tetapi untuk mereka, yang telah Engkau berikan kepada-Ku, sebab mereka adalah milik-Mu
10 dan segala milik-Ku adalah milik-Mu dan milik-Mu adalah milik-Ku, dan Aku telah dipermuliakan di dalam mereka.
11 Dan Aku tidak ada lagi di dalam dunia, tetapi mereka masih ada di dalam dunia, dan Aku datang kepada-Mu. Ya Bapa yang kudus, peliharalah mereka dalam nama-Mu, yaitu nama-Mu yang telah Engkau berikan kepada-Ku, supaya mereka menjadi satu sama seperti Kita.
12 Selama Aku bersama mereka, Aku memelihara mereka dalam nama-Mu, yaitu nama-Mu yang telah Engkau berikan kepada-Ku; Aku telah menjaga mereka dan tidak ada seorang pun dari mereka yang binasa selain dari pada dia yang telah ditentukan untuk binasa, supaya genaplah yang tertulis dalam Kitab Suci.

ayat 12 menyatakan tentang “dia yang telah ditentukan untuk binasa”, merujuk kepada Yudas Ishkeryot (well sebenarnya terjemahan yang benar itu “anak kebinasaan/son of perdition/ho huios tês apôleias”, tapi kayaknya penerjemah LAI bagian ini adalah seorang Calvinist yang mengakui doktrin double predestination).

Maka, dalil ini tidak valid.
Quod Erat Demonstrandum.

Dalil ke 3 ketika para murid terbatas mengajarkan Taurat Injil kepada umat Israel di pembuangan.
Kisah Para Rasul 16:6 karena Roh Kudus mencegah mereka untuk memberitakan Injil di Asia

memangnya yang ada di Asia hanya umat Israel di pembuangan? Dan apa dasarnya Injil tidak boleh diberitakan kepada umat Israel di pembuangan? bukankah kata anda Injil itu terbatas untuk bani Israel? apakah mereka yang di pembuangan bukan bani Israel? btw, apakah Asia = pembuangan?

Paulus memang diutus untuk pergi kepada orang-orang Asia Kecil dan Eropa. Pemberitaan Injil ke daerah Asia saat itu dilakukan oleh Rasul Tomas, yang kemudian menjadi cikal bakal Gereja Orthodoks Asiria Timur, yang menginjil pada abad 1-4 M ke Arab, India, Cina, juga Indonesia (baca sumber sejarah Kristen). Yakobus mengirim surat kepada orang-orang Israel di luar Israel: Yakobus 1:1 1 Salam dari Yakobus, hamba Allah dan Tuhan Yesus Kristus, kepada kedua belas suku di perantauan.

Maka, dalil ini tidak valid.
Quod Erat Demonstrandum.

Dalil ke 4 Ketika dikatakan bahwa nubuat datangnya Raja orang YAHUDI…bukan raja segala bangsa
Matius 2:2 dan bertanya-tanya: “Di manakah dia, Raja orang YAHUDI yang baru dilahirkan itu?

Orang-orang majus tersebut mengatakan Raja orang Yahudi (the born King of the Jews/ho textheis basileus tôn ioudaiôn) karena Yesus memang lahir di tanah Israel, dan mereka hanya tahu Yesus sekedar Raja orang Yahudi, melalui pengertian mereka akan astrologi (saya pernah mendengar penjelasan dari ilmu astrologi mengenai hal ini) yang membawa mereka ke Bethlehem.

Jika Yesus tidak begitu spesial, untuk apa orang-orang majus yang bukan keturunan/bani Israel tersebut datang jauh-jauh dari Persia Timur, tidak kenal dengan YHVH Elohiym, tidak tahu apa-apa tentang Mesias apalagi nubuatannya, datang jauh-jauh hanya untuk menyembah Dia (Matius 2:2b – “… dan kami datang untuk menyembah Dia”)? Dan mereka (bukan bertiga doang) mempersembahkan barang-barang mahal yang sesuai dengan apa yang menjadi identitas Yesus, yaitu emas (logam mulia sebagai lambang Yesus sebagai Raja, Yesus sebagai hadiah yang sangat mahal dari Allah untuk umat manusia), kemenyan (peralatan keimaman sebagai lambang keimaman Yesus Kristus, memberikan hidup-Nya bagi keselamatan umat manusia, dan mendoakan umat manusia), dan mur (getah yang dipakai untuk membaluri orang mati melambangkan penderitaan dan kematian Yesus yang merupakan Keselamatan bagi umat manusia) kepada Yesus? Saya yakin, Allah tidak mengkehendaki hanya Israel, anak sulung-Nya saja yang selamat dari belenggu maut, tetapi juga seluruh dunia.

Maka, dalil ini tidak valid.
Quod Erat Demonstrandum.

Yesus adalah Tuhan, sehingga Ia juga Raja di atas seluruh dunia!

Yesaya 40:22
Dia yang bertakhta di atas bulatan bumi yang penduduknya seperti belalang; Dia yang membentangkan langit seperti kain dan memasangnya seperti kemah kediaman!

Dalil ke 5 menunjukkan bunyi nubuat bahwa MESIAS tertuju HANYA UNTUK MENGGEMBALAKAN UMAT ISRAEL…selain itu tidak
Matius 2:5-6 Demikianlah ada tertulis dalam kitab nabi: “Dan engkau Betlehem, tanah Yehuda, engkau sekali-kali bukanlah yang terkecil di antara mereka yang memerintah Yehuda, karena dari padamulah akan bangkit seorang pemimpin, yang akan menggembalakan umat-Ku ISRAEL.”

sama penjelasannya seperti penjelasan saya untuk dalil 1. Ketika Yesus di dunia, Yesus hanya akan berkeliling di dan sekitar tanah Israel. dan tugas keliling dunia, adalah tugas murid-murid-Nya dan kita.

Dalil ke 6 adalah ucapan Simeon bahwa kelak jabang bayi sang Nabi akan menjadi Nabi untuk menjatuhkan atau menaikkan derajat bagi BANI ISRAEL..bukan untuk yang laen
Lukas 2:34
Lalu Simeon memberkati mereka dan berkata kepada Maria, ibu Anak itu: “Sesungguhnya Anak ini ditentukan untuk menjatuhkan atau membangkitkan banyak orang di ISRAEL

betul, itu selama pelayanan Yesus di bumi. Anak ini akan menjatuhkan banyak orang di Israel, antara lain orang-orang Farisi dan Saduki, yang mempunyai dasar ajaran yang benar tetapi tidak mempunyai dasar hidup yang benar. Anak ini juga akan membangkitkan banyak orang-orang di Israel, kerohanian mereka, sakit penyakit mereka, dan orang-orang matipun dibangkitkan. Siapa nama “Anak ajaib” ini? Yesus Kristus namanya!

Dalil ke 7 ketika sang Nabi berwasiat bahwa tugas para murid-murid beliau adalah berdakwah menginjil ke kota-kota dimana Bani Israel banyak berdiam
Mat 10:23
Sesungguhnya sebelum kamu selesai mengunjungi kota-kota Israel, anak manusia sudah datang.
Matius 10:5-15, 16-23
10:5 Kedua belas murid itu diutus oleh Yesus dan Ia berpesan kepada mereka: “Janganlah kamu menyimpang ke jalan bangsa lain atau masuk ke dalam kota orang Samaria,10:6 melainkan pergilah kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel.
10:7 Pergilah dan beritakanlah: Kerajaan Sorga sudah dekat.
10:8 Sembuhkanlah orang sakit; bangkitkanlah orang mati; tahirkanlah orang kusta; usirlah setan-setan. Kamu telah memperolehnya dengan cuma-cuma, karena itu berikanlah pula dengan cuma-cuma.
10:9 Janganlah kamu membawa emas atau perak atau tembaga dalam ikat pinggangmu.
10:10 Janganlah kamu membawa bekal dalam perjalanan, janganlah kamu membawa baju dua helai, kasut atau tongkat, sebab seorang pekerja patut mendapat upahnya.
10:11 Apabila kamu masuk kota atau desa, carilah di situ seorang yang layak dan tinggallah padanya sampai kamu berangkat.
10:12 Apabila kamu masuk rumah orang, berilah salam kepada mereka.
10:13 Jika mereka layak menerimanya, salammu itu turun ke atasnya, jika tidak, salammu itu kembali kepadamu.
10:14 Dan apabila seorang tidak menerima kamu dan tidak mendengar perkataanmu, keluarlah dan tinggalkanlah rumah atau kota itu dan kebaskanlah debunya dari kakimu.
10:15 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya pada hari penghakiman tanah Sodom dan Gomora akan lebih ringan tanggungannya dari pada kota itu.”
10:16 “Lihat, Aku mengutus kamu seperti domba ke tengah-tengah serigala, sebab itu hendaklah kamu cerdik seperti ular dan tulus seperti merpati.
10:17 Tetapi waspadalah terhadap semua orang; karena ada yang akan menyerahkan kamu kepada majelis agama dan mereka akan menyesah kamu di rumah ibadatnya.
10:18 Dan karena Aku, kamu akan digiring ke muka penguasa-penguasa dan raja-raja sebagai suatu kesaksian bagi mereka dan bagi orang-orang yang tidak mengenal Allah.
10:19 Apabila mereka menyerahkan kamu, janganlah kamu kuatir akan bagaimana dan akan apa yang harus kamu katakan, karena semuanya itu akan dikaruniakan kepadamu pada saat itu juga.
10:20 Karena bukan kamu yang berkata-kata, melainkan Roh Bapamu; Dia yang akan berkata-kata di dalam kamu.
10:21 Orang akan menyerahkan saudaranya untuk dibunuh, demikian juga seorang ayah akan anaknya. Dan anak-anak akan memberontak terhadap orang tuanya dan akan membunuh mereka.
10:22 Dan kamu akan dibenci semua orang oleh karena nama-Ku; tetapi orang yang bertahan sampai pada kesudahannya akan selamat.
10:23 Apabila mereka menganiaya kamu dalam kota yang satu, larilah ke kota yang lain; karena Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya sebelum kamu selesai mengunjungi kota-kota Israel, Anak Manusia sudah datang.

ayat 5-15 berbicara tentang penginjilan selama Yesus berada di bumi, sedangkan ayat 16-23 berbicara tentang penginjilan ke seluruh dunia. apa arti ayat 23 yang sesungguhnya? ayat ini mengindikasikan, sampai Tuhan Yesus datang yang kedua kali, penginjilan orang-orang Israel memang masih belum akan selesai, karena mereka masih menantikan dan mengharapkan datangnya Mesias, yang sebenarnya telah datang 2000 tahun yang lalu! lagipula, kota-kota Israel berarti kota-kota dalam negeri Israel, bukan kota-kota yang didiami orang-orang Israel.

Maka, dalil ini tidak valid.
Quod Erat Demonstrandum.

Dalil ke 8 Sangat tegas menunjukkan bahwa sang Nabi tidak hendak melayani permintaan gentile non bani Israel
Matius 15:24 Jawab Yesus: “Aku diutus HANYA kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel.”

hahahaha… ayat pamungkasnya ini lagi. memang, selama Ia berada dalam pelayanan di bumi sampai Ia naik kembali ke sorga. coba kita lihat perikop lengkapnya:

Matius 15:21-28 Perempuan Kanaan yang percaya
21 Lalu Yesus pergi dari situ dan menyingkir ke daerah Tirus dan Sidon.
22 Maka datanglah seorang perempuan Kanaan dari daerah itu dan berseru: “Kasihanilah aku, ya Tuhan, Anak Daud, karena anakku perempuan kerasukan setan dan sangat menderita.”
23 Tetapi Yesus sama sekali tidak menjawabnya. Lalu murid-murid-Nya datang dan meminta kepada-Nya: “Suruhlah ia pergi, ia mengikuti kita dengan berteriak-teriak.”
24 Jawab Yesus: “Aku diutus hanya kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel.”
25 Tetapi perempuan itu mendekat dan menyembah Dia sambil berkata: “Tuhan, tolonglah aku.”
26 Tetapi Yesus menjawab: “Tidak patut mengambil roti yang disediakan bagi anak-anak dan melemparkannya kepada anjing.”
27 Kata perempuan itu: “Benar Tuhan, namun anjing itu makan remah-remah yang jatuh dari meja tuannya.”
28 Maka Yesus menjawab dan berkata kepadanya: “Hai Ibu, besar imanmu, maka jadilah kepadamu seperti yang kaukehendaki.” Dan seketika itu juga anaknya sembuh.

perikop ini bukan hanya dipakai oleh orang-orang di luar Kristen sebagai bantahan bahwa Injil adalah juga untuk orang-orang di luar umat Israel, tetapi juga untuk menunjukkan bahwa Yesus adalah Tuhan yang rasis (lihat ayat 26, Yesus memanggil wanita itu anjing). Tetapi kita harus melihat terlebih dahulu sitkonnya.

Yesus hidup di tengah-tengah masyarakat Yahudi yang menganggap bahwa diri mereka saja lah yang patut disebut manusia (ha’adam) karena mereka adalah umat pilihan Allah, sedangkan bangsa lain (yang kafir) adalah anjing. Ketika Yesus hanya diutus kepada “para manusia”, datanglah “seekor anjing”, yang memohon belas kasihan kepada Yesus. Yesus menegaskan bahwa pengutusannya (roti) adalah untuk “para manusia”, tetapi “anjing” tersebut dengan iman mengharapkan “sisa-sisa” dari roti yang telah dibagikan kepada “para manusia”. Karena keteguhan iman dan kesederhanaan dan pengharapan ibu tersebut, Yesus memuji iman ibu tersebut.

Jika Yesus hanya untuk umat Israel, mengapa Yesus menyembuhkan hamba dari seorang perwira Romawi (Matius 8:5-13)? Bukan anaknya lagi, hambanya doang. Yesus mengangkat topik ini bukan karena Ia adalah Tuhan yang rasis, tetapi karena Ia ingin menguji iman ibu tersebut.

Maka, dalil ini tidak valid.
Quod Erat Demonstrandum.

oh iya ada yang kelupaan
Apakah anda pernah mendengar Firman Tuhan dalam Al-Qur’an Ash Shaff 6
“Dan (ingatlah) ketika Isa Putra Maryam berkata:
“Hai Bani Israel, sesungguhnya aku adalah utusan Allah kepadamu, membenarkan kitab (yang turun) sebelumku, yaitu Taurat dan memberi kabar gembira dengan (datangnya) seorang Rasul yang akan datang sesudahku, yang namanya Ahmad (Muhammad)”

Benar, Isa Al Masih diutus hanya untuk bani Israel dan bukan untuk segala bangsa
ayat Alquran di atas tidak menunjukkan apa-apa tentang Isa Almasih diutus hanya untuk bani Israel, orang cuma menyapa hai Bani Israel, apakah berarti Yesus hanya untuk bani Israel?

========
Sebuah kebenaran tidak mungkin sebagian benar sebagian salah. Yesus telah mengatakan demikian:

Matius 28:18-20
18 Yesus mendekati mereka dan berkata: “Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi.
19 Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus,
20 dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.”

Markus 13:9-10
9 Tetapi kamu ini, hati-hatilah! Kamu akan diserahkan kepada majelis agama dan kamu akan dipukul di rumah ibadat dan kamu akan dihadapkan ke muka penguasa-penguasa dan raja-raja karena Aku, sebagai kesaksian bagi mereka.
10 Tetapi Injil harus diberitakan dahulu kepada semua bangsa.

Matius 24:14
14 Dan Injil Kerajaan ini akan diberitakan di seluruh dunia menjadi kesaksian bagi semua bangsa, sesudah itu barulah tiba kesudahannya.

Markus 16:15-16
15 Lalu Ia berkata kepada mereka: “Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk.
16 Siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan, tetapi siapa yang tidak percaya akan dihukum.

Lukas 24:47-49
47 dan lagi: dalam nama-Nya berita tentang pertobatan dan pengampunan dosa harus disampaikan kepada segala bangsa, mulai dari Yerusalem.
48 Kamu adalah saksi dari semuanya ini.
49 Dan Aku akan mengirim kepadamu apa yang dijanjikan Bapa-Ku. Tetapi kamu harus tinggal di dalam kota ini sampai kamu diperlengkapi dengan kekuasaan dari tempat tinggi.”

Yohanes 21:15-19
15 Sesudah sarapan Yesus berkata kepada Simon Petrus: “Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku lebih dari pada mereka ini?” Jawab Petrus kepada-Nya: “Benar Tuhan, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau.” Kata Yesus kepadanya: “Gembalakanlah domba-domba-Ku.”
16 Kata Yesus pula kepadanya untuk kedua kalinya: “Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku?” Jawab Petrus kepada-Nya: “Benar Tuhan, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau.” Kata Yesus kepadanya: “Gembalakanlah domba-domba-Ku.”
17 Kata Yesus kepadanya untuk ketiga kalinya: “Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku?” Maka sedih hati Petrus karena Yesus berkata untuk ketiga kalinya: “Apakah engkau mengasihi Aku?” Dan ia berkata kepada-Nya: “Tuhan, Engkau tahu segala sesuatu, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau.” Kata Yesus kepadanya: “Gembalakanlah domba-domba-Ku.
18 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya ketika engkau masih muda engkau mengikat pinggangmu sendiri dan engkau berjalan ke mana saja kaukehendaki, tetapi jika engkau sudah menjadi tua, engkau akan mengulurkan tanganmu dan orang lain akan mengikat engkau dan membawa engkau ke tempat yang tidak kaukehendaki.”
19 Dan hal ini dikatakan-Nya untuk menyatakan bagaimana Petrus akan mati dan memuliakan Allah. Sesudah mengatakan demikian Ia berkata kepada Petrus: “Ikutlah Aku.”

Kisah Para Rasul 1:6-8
6 Maka bertanyalah mereka yang berkumpul di situ: “Tuhan, maukah Engkau pada masa ini memulihkan kerajaan bagi Israel?”
7 Jawab-Nya: “Engkau tidak perlu mengetahui masa dan waktu, yang ditetapkan Bapa sendiri menurut kuasa-Nya.
8 Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi.”

lebih jauh lagi malahan Yesus mengatakan:
Matius 8:11-12
11 Aku berkata kepadamu: Banyak orang akan datang dari Timur dan Barat dan duduk makan bersama-sama dengan Abraham, Ishak dan Yakub di dalam Kerajaan Sorga,
12 sedangkan anak-anak Kerajaan itu akan dicampakkan ke dalam kegelapan yang paling gelap, di sanalah akan terdapat ratap dan kertak gigi.

Matius 15:26-27
26 Tetapi Yesus menjawab: “Tidak patut mengambil roti yang disediakan bagi anak-anak dan melemparkannya kepada anjing.”
27 Kata perempuan itu: “Benar Tuhan, namun anjing itu makan remah-remah yang jatuh dari meja tuannya.”

Siapa anak-anak Kerajaan itu? tentu saja maksudnya Yesus adalah umat-umat Israel. Siapa orang-orang dari Timur dan Barat? tentu saja kita, para anjing. Selama di bumi Yesus memang hanya melayani umat Israel. Tetapi Yesus sendiri dan Keselamatan yang Ia beri bukan hanya untuk umat Israel, tetapi kepada seluruh umat Manusia di dunia, tidak terbatas oleh ruang dan waktu. Kristus untuk segala bangsa, Haleluya!

Fortis est veritas, vero nihil verius.
Fides quaerrens intellectum, credo ut intellegam.

Calvin Limuel
February 18, 2011

BibEL ÄpfEL
One apple a day keeps the devil away.

4 thoughts on “Yesus hanya untuk Israel, benarkah?”

  1. BIBLE alias ALKITAB adalah DONGENG
    .
    Telor Paskah DONGENG dari pagan Persia sebelum yesus,
    Santa Claus DONGENG dari Amerika di Kutub Utara,
    Sint Nicolas DONGENG dari Myria di Turki,
    Natal 25 desember DONGENG dari pagan dewa matahari,
    Sinterklas DONGENG dari Belanda yang datangnya dari Spanyol,
    Thanks giving DONGENG dari Inggris tahun 1609,
    Valentine day DONGENG dari pagan Yunani dewa Zeus dan Hera,
    Trinitas DONGENG dari faham Plato pada abad pertama,
    Dosa waris DONGENG dari paulus bukan dari yesus,
    Yesus anak tunggal tuhan DONGENG dari surat Yohanes not Yesus
    Yesus tuhan DONGENG tahun 325 M di Nicea Istambul Turki,
    Roh kudus tuhan DONGENG di Konstatinopel Turki tahun 381 M,
    Maria ibu tuhan DONGENG di Efesus Turki tahun 431 M,
    Yesus allah dan manusia DONGENG di Chalcedon Turki tahun 451 M,

    1. Telor Paskah tidak ada di Alkitab, saya pun tidak setuju dengan penggunaan telur.
      Santa Klaus, Sint Nicolas, Sinterklas bukan dongeng dari Amerika atau Belanda atau Spanyol tapi legenda dari Turki, yang diadaptasi oleh berbagai negara dan dikomersialkan oleh Coca-Cola.
      Sayapun tidak percaya Yesus lahir tanggal 25 Desember tetapi sekitar bulan September/Oktober.
      Thanksgiving bukan bagian dari tradisi kekristenan tetapi disinkretisasi oleh budaya Amerika, bukan Inggris.
      Valentine’s day bukan dongeng pagan Yunani tetapi legenda Santo Valentinus dari Roma.
      Trinitas bukan dongeng tetapi konsep/doktrin/teori/ajaran. Tidak ada kata Trinitas dalam Alkitab, tetapi ini hanya formula untuk lebih mengerti tentang Keesaan Allah. Tidak mungkin ada faham Plato abad pertama, karena Plato hidup pada abad ke 4SM.
      Dosa Waris bukan dongeng dari Paulus maupun dari Yesus, ini hanya istilah umum untuk merujuk pada kondisi manusia yang berdosa sehingga manusia butuh Juruselamat. Tidak cuma Yesus dan Paulus, banyak sekali ayat di Alkitab yang menunjukkan manusia lahir dalam keadaan berdosa. checkout http://www.openbible.info/topics/depravity
      Yesus adalah “God’s only begotten son” (monogene), bukan dongeng dari Yohanes tetapi nubuat dari Mazmur 2:7.
      Yesus adalah Tuhan berdasarkan SELURUH ALKITAB. Apa yang dihasilkan oleh Konsili Nikea adalah ringkasan hal-hal penting yang kita imani dari Alkitab dalam poin-poin.
      Roh Kudus adalah Tuhan berdasarkan SELURUH ALKITAB. Konsili Konstantinopel sama dengan Nikea.
      Maria adalah ibu dari Yesus Kristus, Tuhan kita, tetapi Konsili Efesus tahun 431 adalah menetapkan doa kepada Bunda Maria sebagai bagian dari liturgi, dalam hal ini saya juga tidak setuju.
      Yesus adalah sepenuhnya ilahi dan sepenuhnya manusia berdasarkan Kolose 1. Council of Chalcedon hanya meringkas.

      Tuhan memberkati saudara.

  2. Berapa BENDEL isi BUKU BUKU yang ada didalam masing masing type BIBLE ?
    .
    Jawaban tepat atas pertanyaan ini : tergantung pada BIBLE yang kamu percaya dan anda berasal dari aliran atau sekte yang mana !.
    .
    BIBLE YAHUDI : Tradisional 24 buku, dibagi menjadi Taurat (lima buku), Nabi (delapan buku), dan Tulisan-tulisan (sebelas buku). (Total 24 buku)
    .
    Alkitab Kristen dibagi menjadi dua bagian, Perjanjian LAMA dan Perjanjian BARU
    .
    BIBLE KATOLIK Roma: 73 buku. Katolik Roma Perjanjian Lama mengikuti Perjanjian Lama kuno Kristen yang disebut Septuaginta, yang mencakup semua buku sama dengan Alkitab Yahudi, ditambah tujuh lebih. Dengan demikian, Katolik Roma Perjanjian Lama memiliki 46 buku. Katolik Roma Baru Perjanjian berisi 27 kitab Perjanjian Baru sama seperti Protestan. (Total 73 buku)
    .
    BIBLE PROTESTAN Perjanjian Lama memiliki buku yang sama dengan Alkitab Yahudi, tetapi nomor dan disusun berbeda, untuk menghasilkan 39 kitab Perjanjian Lama. Perjanjian Baru mengandung 27 kitab. (Total 66 buku)
    .
    BIBLE YUNANI / Ortodoks Timur Perjanjian Lama adalah sedikit lebih panjang dari Perjanjian Lama Katolik Roma. Perjanjian Lama Suryani sering memiliki tambahan materi dalam lampiran. Ortodoks Yunani dan Perjanjian Baru Syria memiliki 27 kitab yang sama seperti Katolik Roma dan Perjanjian Baru Protestan. (Total 78 buku)
    .
    BIBLE ETHIOPIA Ortodoks Perjanjian Lama adalah yang terpanjang di setiap cabang agama Kristen. Ortodoks Ethiopia “Canon Sempit” memiliki 27 kitab Perjanjian Baru yang sama sebagai cabang lain dari agama Kristen, tetapi Ortodoks Ethiopia “Canon luas” termasuk buku beberapa tambahan. (Total 81 buku)
    .
    BIBLE MORMON / Gereja OSZA Meski telah dikanonisasi edisi 1769 dari Alkitab BIBLE King James, Joseph Smith Jr mengatakan bahwa Kidung Agung tidak terinspirasi, dan dianggap Apokrif. Komunitas Kristus sebuah cabang dari Hari Suci Zaman gereja, telah dikanonisasi Terjemahan Joseph Smith (JST) dan telah dikeluarkan Kidung Agung / Songs. (Total 65 buku)
    .
    MORE than 50 VERSIONS ( totally defferent number of books inside ) of the Bible in English alone (http://www.bible.ca/b-many-versions.htm ) and more than 1000 languages and dialect ( translations is depend from the choice of words they used ) of the Bible world wide, Ada LEBIH dari 50 VERSI bible dalam bahasa Inggris saja ( VERSI adalah ber BEDA ISI dan JUMLAH buku buku didalamnya ) dan di TERJEMAH kan lebih dari 1000 macam BAHASA serta DIALEK dalam dunia internasional ( TERJEMAH adalah tergantung pada PILIHAN KATA KATA yang dipakai oleh si penterjemah )
    (http://www.users.ms11.net/~dejnarde/english_bible_translation.htm )
    http://wiki.answers.com/Q/How_many_books_are_there_in_the_Bible

    1. Bible orang Kristen adalah termasuk Bible org Yahudi tentunya. Kami tidak mengakui berberapa kitab tambahan (Deuterokanonika) yang dipakai oleh Gereja Katolik karena otoritasnya dipertanyakan, diklaim ditulis dalam bahasa Ibrani dan diterjemahkan ke dalam bahasa Yunani menjadi bagian LXX/Septuaginta, tetapi tidak ada teks Ibrani nya, dan juga kualitas konten nya dipertanyakan. Selebihnya yang dipakai juga oleh gereja orthodox timur dan ethiopia, patut dipertimbangkan tetapi bukan otoritas utama. Mormonis memakai Alkitab yang sama tetapi mempunyai 4 kitab tambahan, dan sebagaimana kita tahu Mormonisme adalah ajaran sesat.

      Justru dari berbagai macam terjemahan yang ada, dari berbagai sudut pandang penerjemh, kita bisa lebih mengerti apa yang mau disampaikan Alkitab dalam bahasa aslinya. Lebih baik dari hanya membaca bahasa aslinya tetapi kita tidak mengerti isinya.

      Tuhan memberkati

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.